Home > Pendapat, Pendidikan, T Mesin > INSINYUR INDONESIA GETARKAN AUSTRALIA, SINGAPURA, MALAYSIA

INSINYUR INDONESIA GETARKAN AUSTRALIA, SINGAPURA, MALAYSIA

*Roket RX-420 & CN-235 Militer:*

*Getarkan Australia, Singapura, Malaysia*

*Oleh Cardiyan HIS*

* *

*Momentum ini harus dijaga terus dan ditingkatkan sebagai kebanggaan atas
kemampuan teknologi sendiri. Jangan sampai karya insinyur Indonesia ini
dijegal justru oleh orang
Indonesia sendiri (biasa) para ekonom-ekonom
Pemerintah yang sering menganggap karya bangsa sendiri sebagai terlalu mahal
dan hanya buang-buang uang saja untuk riset ….! Inilah musuh yang
sebenarnya. Waspadailah kawan-kawan insinyur
Indonesia.*

Meski sudah berlangsung 2 pekan yang lalu, peluncuran roket RX-420 Lapan
ternyata masih jadi buah bibir. Anehnya bukan jadi buah bibir di Indonesia
yang lebih senang ceritera Pilpres, tetapi di
Australia, Singapura dan tentu
saja di negara tetangga yang suka siksa TKI dan muter-muterin Ambalat yakni
Malaysia.


Seperti diketahui roket RX-420 ini menggunakan propelan yang dapat
memberikan daya dorong lebih besar sehingga mencapai 4 kali kecepatan suara.
Hal itu membuat daya jelajahnya mencapai 100 km. Bahkan bisa mencapai 190 km
bila struktur roket bisa dibuat lebih ringan. Yang punya nilai tambah tinggi
ini adalah 100% hasil karya anak bangsa, para insinyur
Indonesia. Begitu
pula semua komponen roket-roket balistik dan kendali dikembangkan sendiri di
dalam negeri, termasuk software. Hanya komponen subsistem mikroprosesor yang
masih diimpor. Anggaran yang dikeluarkan untuk peluncurannya pun “cumaRp 1
milyar. Kalah jauh dengan yang dikorupsi para anggota DPR untuk traveller
checks pemenangan Miranda Gultom sebagai Deputi Senior Gubernur BI yang
lebih dari Rp. 50 milyar. Apalagi kalau dibandingkan dengan korupsi BLBI
yang lebih dari Rp. 700 trilyun.

Mengapa malah menjadi buah bibir di Australia, Singapura dan Malaysia?
Karena keberhasilan peluncuran roket
Indonesia ini ke depan akan membawa
Indonesia mampu mendorong dan mengantarkan satelit Indonesia bernama Nano
Satellite sejauh 3.600 km ke angkasa. Satelit
Indonesia ini nanti akan
berada pada ketinggian 300 km dan kecepatan 7,8 km per detik. Bila ini
terlaksana
Indonesia akan menjadi negara yang bisa menerbangkan satelit
sendiri dengan produk buatan sendiri.
Indonesia dengan demikian akan masuk
member “Asian Satellite Club” bersama
Cina, Korea Utara, India dan Iran.

Nah kekhawatiran Australia, Singapura dan Malaysia ini masuk akal, bukan?
Kalau saja
Indonesia mampu mendorong satelit sampai 3.600 km untuk keperluan
damai atau keperluan macam-macam tergantung kesepakatan rakyat
Indonesia.
Maka otomatis pekerjaan ecek-ecek bagi
Indonesia untuk mampu meluncurkan
roket sejauh 190 km untuk keperluan militer bakal sangat mengancam mereka
sekarang ini pun juga!!! Kalau tempat peluncurannya ditempatkan di Batam
atau Bintan, maka Singapura dan Malaysia Barat sudah gemetaran bakal kena
roket
Indonesia. Dan kalau ditempatkan di sepanjang perbatasan Kalimantan
Indonesia dengan Malaysia Timur, maka si OKB Malaysia tak akan pernah
berpikir ngerampok Ambalat. Akan hal
Australia, mereka ada rasa takutnya
juga. Bahwa mitos ada musuh dari utara yakni
Indonesia itu memang bukan
sekedar mitos tetapi sungguh ancaman nyata di masa depan dekat.

* *

*CN 235 Versi Militer*

Rupanya Australia, Singapura dan Malaysia sudah lama “nyahokehebatan
insinyur-insinyur
Indonesia. Buktinya? Tidak hanya gentar dengan roket
RX-420 Lapan tetapi mereka sekarang sedang mencermati pengembangan lebih
jauh dari CN235 versi Militer buatan PT. DI. Juga mencermati perkembangan
PT. PAL yang sudah siap dan mampu membuat kapal selam asal dapat kepercayaan
penuh dan dukungan dana dari pemerintah.


Kalau para ekonom Indonesia antek-antek World Bank dan IMF menyebut
pesawat-pesawat buatan PT. DI ini terlalu mahal dan menyedot investasi
terlalu banyak (“cumaRp. 30 trilun untuk infrastruktur total, SDM dan
lain-lain) dan hanya jadi mainannya BJ Habibie. Tetapi mengapa Korea Selatan
dan Turki mengaguminya setengah mati? Turki dan Korsel adalah pemakai setia
CN 235 terutama versi militer sebagai yang terbaik di kelasnya. Inovasi 40
insinyur-insinyur
Indonesia pada CN 235 versi militer ini adalah penambahan
persenjataan lengkap seperti rudal dan teknologi radar yang dapat mendeteksi
dan melumpuhkan kapal selam. Jadi kalau mengawal Ambalat cukup ditambah satu
saja CN235 versi militer (disamping armada TNI AL dan pasukan Marinir yang
ada) untuk mengusir kapal selam dan kapal perang
Malaysia lainnya.


Nah, jadi musuh yang sebenarnya ada di Indonesia sendiri. Yakni watak orang
Indonesia yang tidak mau melihat orang Indonesia sendiri berhasil. Karya
insinyur-insinyur
Indonesia yang hebat dalam membuat alutsista dibilangin
orang
Indonesia sendiri terutama para ekonom pro Amerika Serikat dan Eropa:
“Mending beli langsung dari Amerika Serikat dan Eropa karena harganya lebih
murah”. Mereka tidak berpikir jauh ke depan bagaimana
Indonesia akan terus
tergantung di bidang teknologi,
Indonesia hanya akan menjadi konsumen
teknologi dengan membayarnya sangat mahal terus menerus sampai kiamat tiba.

Kalau ada kekurangan yang terjadi dengan industri karya bangsa sendiri,
harus dinilai lebih fair dan segera diperbaiki bersama-sama. Misalnya para
ahli pemasaran atau sarjana-sarjana ekonomi harus diikutsertakan dalam team
work. Sehingga insinyur-insinyur itu tidak hanya pinter produksi sebuah
pesawat tetapi setidaknya tahu bagaimana menjual sebuah pesawat itu berbeda
dengan menjual sebuah Honda Jazz. Kalau ada kendala dalam pengadaan Kredit
Ekspor sebagai salah satu bentuk pembayaran, tolong dipecahkan dan didukung
oleh dunia perbankan, agar jualan produk sendiri bisa optimal karena akan
menarik bagi calon pembeli asing yang tak bisa bayar cash.

About these ads
  1. August 27, 2009 at 7:48 am

    saya setuju sekali….kalau saya jadi presidenya saya akan biaya semuanya nh mas..^_^ dari pada harus kehilangan pulau satu demi satu…harganya bisa lebih mencapai triliunan rupiah lebih….mendingkan persenjatai indonesia sejak dini,…biar ga dianggap remeh tuh indonesia…terutama malaysia….ntar kalo mau ambil budaya indonesia lagi tinggal roket aja BERES….;)

  2. piter
    December 6, 2009 at 11:17 pm

    saya pun kalau jadi presiden saya kasi jabatan mu mentri atas word pres mu ini.

  3. January 6, 2010 at 6:39 pm

    hehehe…..
    tinggal menunggu waktu, bisa! bisa! pasti bisa!
    mulai dari diri sendiri, mulai dari yang terkecil dan mulai dari saat ini!
    biarkan para koruptor nanti dunia atau neraka yang membalas mereka….
    thanx Bang, infonya…..

  4. ari
    January 20, 2010 at 6:32 am

    ayoo dukung produck dalam negeri…bila kita dukung pasti akan lebih murah nantintya dan indonesia akan berjaya

  5. nanang
    March 30, 2010 at 5:35 am

    PEMIKIRAN YANG CEMERLANG!

  6. tomo
    April 20, 2010 at 2:37 pm

    wah,,,, aku bangga pd negaraku,,,,
    klo bisa aku jga pengen bisa membuat pesawat,,,,

  7. April 26, 2010 at 12:20 pm

    ALHAMDU LILLAH ADA ANAK BANGSA YANG BER FIKIR MAJU SUNGGUH SAYA SANGAT BANGGA SEMOGA DENGAN INI KITA TIDAK DI ANGGAP REMEH OLEH BANGSA LAIN

  8. max
    May 16, 2010 at 2:57 pm

    wow keren banget . aku salut sama anak bangsa yg berfikir maju saya sangat bangga . semoga dengan ini kita tidak dianggap remeh oleh negara lain..

  9. August 27, 2010 at 6:36 pm

    semoga bisa jadi pemikiran yang serius buat pemerintah dan masyarakat indonesia.

  10. September 2, 2010 at 12:23 am

    Majulah bangsaku indonesia jaya, tidak hanya di sisi alutsista tetapi mobnas SMK juga perlu dikembangkan, menteri perindustrian jangan cuma bisa import produk barat, tirulah ajaran mahatma gandhi, SWADESI…!

  11. Danil
    September 6, 2010 at 10:17 am

    Memang ia tuh para ekonom yang membuat prduksi dalam Negri ngga di hargai. mungkin mereka pikirannya hanya KORUPSI, takut ngga kebagian KORUPSI. Saya doakan pada para ekonom yang melakukan KORUPSI 7 turunan meninggalnya ngga diterima langit dan bumi, Amminnn

  12. Danil
    September 6, 2010 at 10:30 am

    Kita punya industri alutsista yang memadai: Angkatan Darat punya PINDAD, Angkatan Laut punya PT.PAL dan Angkatan Udara punya PT.DI. Kita tinggal mengembangkannya dan di dukung oleh Pemerintah. Biarkanlah para Ekonom ngomong apa aja biarkan angin kentut anak bayi :)

    PINDAD: membuat Panser, Panser canon, Tank Ringan, Tank berat sekelas MBT, snjata berat dan ringan, dan yang lainnya.

    PT.PAL: Bikin kapal Perang, kapal selam, kapal Induk, Kapal perusak, Sigma. dan yang lainya.

    PT.DI: Bikin Pesawat Tempur, Pesawat Intai, Pesawat tanpa awak, Pesawat Silumnan, Pesawat Angkut Prosonil dan yang lainnya.

    Tambahan Kita punya LAPAN: Bikin Roket, Rudal, peluru Kendali jarak jauh dan menengah, Peluru kendali darat ke udara, Udara kedarat, laut ke udara, laut kedarat dan yang lainnya

    Ayo Indonesaku majulah !!!!!!

    BIARKAN ORANG-ORANG PARA PAKAR EKONOM ATAU YANG MENJELEKAN KITA, ANGGAP AJA ANGIN KENTUT ANAK BAYI.

  13. sandhie
    September 20, 2010 at 10:25 pm

    I LOVE INDONESIA

  14. hanafi indonesia
    October 7, 2010 at 8:17 pm

    Pak Presiden yang saya hormati,saya dan seluruh anak bansa minta tolong para insiyur jangan di pandang sebelah mata,indonesia akan hancur jika Insiyurnya tidak ada,jangan takut mengalokasikan uang untuk membuat persenjataan sendiri,aku yakin para insiyur cinta bansa bukan seperti koruptor yang menghacurkan bangsa,indonesia akan sangat bangga jika di buat UU menghukum mati KORUPTOR.

  15. aya navaro
    October 9, 2010 at 10:04 am

    aku bangga mnjadi ank indonesia,,,

  16. samudra edwin
    October 28, 2010 at 7:43 pm

    Kepada Bpk/Ibu pemegang keputusan negara marilah secara hati nurani anda renungkan apa-2 yg mrk ungkapkan…sungguh mrk patriot bangsa yg berharap negara ini menjadi negara yg di hormati & di hargai oleh bangsa lain sprti harapan para pahlawan kita Bagaimana dgn Bpk/Ibu pemimpin apakah masih pny rasa nasionalisme??? Saya berhrp tulisan ini di baca partai pemenang pemilu {DEMOKRAT} & Bpk Presiden RI yg terhormt sungguh kami berhrp pd anda

  17. samudra edwin
    October 28, 2010 at 7:45 pm

    Kepada Bpk/Ibu pemegang keputusan negara marilah secara hati nurani anda renungkan apa-2 yg mrk ungkapkan…sungguh mrk patriot bangsa yg berharap negara ini menjadi negara yg di hormati & di hargai oleh bangsa lain sprti harapan para pahlawan kita Bagaimana dgn Bpk/Ibu pemimpin apakah masih pny rasa nasionalisme??? Saya berhrp tulisan ini di baca partai pemenang pemilu {DEMOKRAT} & Bpk Presiden RI yg terhormt sungguh kami berhrp pd anda ……..

  18. Ihwan
    November 12, 2010 at 9:13 pm

    Salut…….mudah-mudahan pemerintah sadar, kalau orang-orang luar iru ingin memecah belah bangsa… Smanat anak Bangsa!!!!

  19. agus hidayanto bam
    November 18, 2010 at 2:22 pm

    ganyang habis orang yang kebiri kreatifitas anak negeri, bangsa yg mengekor tdk akan besar, kalo sy jd presiden anggaran alustista sy naikan 1.000% dlm jangka wkt 5 tahun.

  20. December 11, 2010 at 12:25 am

    SAYA CINTA INDONESIAA!!!!!

  21. monyet
    December 30, 2010 at 1:42 pm

    malaysia ade project nukelear diam-diam

  22. zuhri
    February 6, 2011 at 12:28 am

    asalamualaikom. saya ni nak bagi tahu.komen anda sepatutnya.”lereven”(bernas)saya. ni org malaysia anda ada menulis(disamping armada tni al dan pasukkan marinir yg ada)untuk mengusir kapal selam dan kapal perang malaysia dan lainnaya.anda sepatutnya kaji. dulu sebelum keluarkan komen anda tersebut.malaysia sebenarnya memiliki pesawat pengangkut buatan negara anda CN235 yg dibeli oleh kerajaan malaysia.dan anda tidak patut mengatakan malaysia menceroboh perairan negara indonesia,janganlah kita berburuk sangka terhadap negara lain,kitakan serupun dan seagamas sekian.,asalamualaikom.

  23. February 16, 2011 at 7:18 am

    Ya,,.. Betul itulah watak Negeri kita ini tidak mau melihat negerinya sendiri berhasil jka wataknya trus begitu Kapan Negeri kta Tercinta akan Maju..,.Betul ga? jadi harus ada rasa sadar dri antara RAKYAT ,…

  24. February 16, 2011 at 7:20 am

    Tapi Indonesia tetap BRAVO dehh aya Indonesia maju terus terbanglah Seperti Garuda…….Tunjukan pada dunia..,.bahwaa kta bsa

  25. February 16, 2011 at 7:23 am

    Mohon maaf bla ada perkataan yg kurang enak atau salah.assalamualaikum

  26. anwar
    April 5, 2011 at 1:24 am

    kami tidak berburuk sangka tetapi ini adalah kenyataan yang sangat nyata bagi kami (indonesia)
    bahkan ikan kami pun kalian curi, jika kalian mengaku negara serumpun maka malu lah pada kelakuan kalian
    wassalam ….

  27. yudha
    June 3, 2011 at 11:21 am

    wow…………..ternyata indonesia berpotensi besar.saya tambah semangat ingin jadi insinyur he he…………

  28. erick rusman
    August 11, 2011 at 9:55 pm

    Terbanglah Lebih Tinggi Garudaku…!!! ^_^

  29. jubaidi
    May 31, 2013 at 8:33 am

    gan gatung aja dulu siapapun yang jadi penghambat terutama koruptor, mati lu koruptor

  1. July 13, 2010 at 3:26 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: