Home > Info Subang > Kota Subang

Kota Subang

Kabupaten Subang merupakan salah satu Kabupaten di Propinsi Jawa Barat yang terletak di bagian utara. Sebagai daerah yang berdekatan dengan pusat-pusat pertumbuhan (Jakarta dan Bandung), Kabupaten Subang sangat strategis, khususnya untuk pengembangan sektor-sektor ekonomi. Sumber daya alam yang dimiliki secara geografis sangat lengkap mulai dari kawasan pegunungan di sebelah selatan, pedataran di bagian te-ngah dan pantai di bagian utara. Dengan keanekaragaman sumber daya alam dan dinamika sosial yang berkembang saat ini Kabupaten Subang sering kali di-sebut sebagai “miniatur Jawa Barat”. Kabupaten Subang dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 4 Tahun 1968 tentang Pembentukan Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Subang.

Pembentukan ini sangat terkait dengan perkembangan wilayah yang sejalan dengan sejarah perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Dalam implementasi pemerintahan daerah, Kabupaten Subang secara administratif terbagi atas 22 kecamatan yang terdiri atas 252 desa dan 8 kelurahan. Sudah sejak lama Kabupaten Subang sikenal sebagai salah satu penghasil padi terbesar di Jawa Barat, bahkan di tingkat nasional. Walaupun demikian, secara bertahap struktur ekonomi daerah ini bergerak dinamis melalui pengembangan sektor non pertanian, antara lain industri dan pariwisata.

Dinamika ini berdampak pada komposisi penggunaan lahan yang didominasi lahan pertanian. Pelaksanaan pemerintahan di daerah sesuai dengan Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah membuka berbagai peluang bagi pengembangan sektor-sektor produktif. Saat ini implementasi Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 telah menghasilkan berbagai kemajuan, tak hanya dari aspek ekonomi, tapi juga dalam hal pengembangan otonomi. Dari aspek kependudukan Kabupaten Subang bukanlah termasuk wilayah yang terlalu padat. Menurut hasil Sensus Penduduk tahun 2000, jumlah penduduk Kabupaten Subang mencapai 1.245.166 jiwa.

Pada tahun 2002, jumlah penduduk Kabupaten Subang menjadi 1.348.686 jiwa. Walaupun terdapat kenaikan, namun pertumbuhan penduduk pertahun dapat ditekan hingga 0,93% pada tahun 2000. Selama lima tahun terakhir rata-rata laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Subang mencapai 4,0%, dengan angka pertumbuhan tertinggi pada tahun 2003 sebesar 7,71. Adapun pendapatan perkapita masyarakat Kabupaten Subang pada tahun 2003 mencapai Rp 4.213.000. Kebijaksanaan utama pembangunan di Kabupaten Subang hingga pencapaian visi lebih diarahkan pada perkembangan sumber daya manusia yang mengacu pada Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Sektor pendidikan, kesehatan daya beli masyarakat dengan sektor–sektor ekonomi makro diarahkan untuk mewujudkan visi dan misi pembangunan yang ditetapkan melalui Propeda.

Kabupaten Subang mencanangkan pembangunan di berbagai sektor dengan menitikberatkan kepada sektor pertanian, menegaskan diri sebagai lumbung padi nasional.

Diambil dari situs Subang

Categories: Info Subang
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: