Home > Kata Teman > Mempertahankan Harga Beras

Mempertahankan Harga Beras

taiwan

Aku sudah sebulan ini coba menginstall Skype di komputerku. Awalnya sudah juga gak nemu2 gimana cara koneksi ke internetnya. Kata orang Skype sangat bagus untuk call via internet. Dan baru pekan ini Skype ku berhasil. Dan kenalan termasuk yang pertama adalah seorang gadis asal Indonesia yang sekarang tinggal di Taiwan.

Dia sudah sejak tahun 1998 ke Taiwan. Jadi sudah cukup lama mengenal Taiwan dari dekat. Aku sangat senang bisa berjumpa dengannya karena banyak yang aku dapatkan informasi tentang Taiwan negara yang sebesar Bali tapi sudah terkenal dengan berbagai produk dunianya, termasuk Asus.

Di salah satu perbincangannya aku sangat tertarik dengan crita dia bagaimana Taiwan menanage pertaniannya. Di sana tanah memang sangat berharga karena memang negara yang masih konflik dengan China daratan, sangat sempit untuk ukuran negara di Asia. Tapi penanganan tentang pertanian sangat luar biasa. Semua hasil produk pertanian sangat luar biasa secara kualitasnya.

Dan yang aku tertarik adalah di sana jika penduduk biasa ( bukan petani ) yang mempunyai lahan / tanah luas, sangat tidak diharapkan mereka yang bukan petani menggarap lahannya untuk pertanian. Bahkan kalau mereka menggarap tanah kosong dengan pertanian dikenakan denda atau pajak tinggi.

Aku tadinya sempat berpikir kenapa begitu, kan lahan yang kosong bagus untuk dimaanfaatkan untuk diolah, tetapi kok malah dikenakan pajak, sedangkan yang mempunyai lahan tapi tidak diolah pertanian oleh pemerintah malah diberikan subsidi alias dibayar. Kan aneh…

Ternyata pemerintah Taiwan sangat arif, mereka mengenakan pajak kepada orang yang mengolah lahan kosong karena kalo semua orang bertani maka produksi pertanian sangat tidak terkontrol alias over produksi sehingga harga jual hasil tani bisa menurun, ini sama saja merugikan petani beneran.

Jadi untuk menstabilkan harga hasil pertanian tidak sembarang orang menanam pertanian, apalagi yang bukan profesinya petani.

Ini yang tidak ada di Indonesia. Kapan pemerintah Indonesia berpihak kepada petani dan rakyat kecil sehingga harga hasil pertanian tidak stabil???

Kita berharap pemimpin Indonesia lebih arif …. Semoga!

Categories: Kata Teman
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: