Home > Info Murah > Makan Enak, Tapi Murah

Makan Enak, Tapi Murah

 

Kompas,  M Clara Wresti

Restoran d’Cost di Kemang

Di masa ekonomi yang sulit saat ini, pernahkah Anda makan nasi sepuasnya dengan harga hanya Rp 1.000? Atau minum teh tawar sepuasnya cukup membayar Rp 1000? Kalau belum, cobalah makan di d’Cost di Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan.

Tulisan ini tidak bermaksud untuk mempromosikan restoran yang menggunakan makanan laut sebagai menu utamanya itu. Namun, harus diakui, d’Cost berhasil merebut hati konsumen Jakarta , karena berani memberikan harga yang super  murah.

Saat pembukaan bulan September 2006, d’Cost memakai cara promosi yang luar biasa. Silakan makan suka-suka dan bayar suka-suka. Jadi setiap pengunjung boleh makan sepuasnya, tetapi membayar semaunya. Hasilnya, banyak pengunjung yang makan makanan senilai Rp 400.000 tetapi membayar hanya Rp 50.000. Ada juga yang hanya membayar Rp 10.000 dan Rp 20.000.

“Saat ini orang tidak meletakkan gengsi pada makanan. Makanan apa pun, jika murah dan enak, pasti didatangi orang. Lihat saja, orang bermobil mewah pun banyak yang makan di kaki lima ,” ujar Wawan Gunawan, Manajer Operasional Pelayanan d’Cost, mengemukakan alasan memakai harga murah sebagai daya tarik.

Wawan mengatakan, terobosan pada harga murah ini telah membuat pengunjung mau datang lagi. “Banyak restoran yang menyajikan makanan enak, tetapi harganya sama dengan restoran lainnya. Pengunjung memang datang, tetapi jarang yang balik lagi, karena mereka bisa pergi ke restoran mana pun,” ujar Wawan.

Saat ini jumlah pengunjung yang datang mencapai 800 – 1.000 per hari. Pada akhir pekan, jumlah pengunjung mencapai 1.500 orang. Sementara kapasitas tempat duduk hanya 400. “Pengunjung datang terus-menerus, tidak ada meja yang sempat kosong. Makanya, pengunjung harus mengisi daftar tunggu dahulu,” jelas Wawan.

Dengan harga murah, tetapi mutu makanan tetap baik, pengunjung bersedia untuk kembali lagi. Seperti yang dilakukan Linda (38), warga Kemang, Jakarta Selatan.

“Setidaknya seminggu sekali saya makan di d’Cost,” tutur Linda, sambil menyuapi putrinya yang sedang mewarnai.

Linda tidak hanya makan di restoran, tetapi juga sering memesan makanan untuk dibawa pulang. Apabila ada perayaan di keluarganya, seperti ulang tahun, Linda juga membawa keluarga besarnya untuk makan di sini. “Hanya menghabiskan sekitar Rp 200.000,” ujar ibu tiga anak ini.

Menurut Linda, selain harganya murah, variasi dan mutu makanannya cukup baik. “Kepiting goreng saus menteganya enak. Tidak kalah rasanya dengan restoran mahal,” katanya.

Harga makanan di d’Cost sangat terjangkau. Satu porsi nasi goreng seafood hanya Rp 6.000. Aneka tumis Rp 4.000 per porsi. Kepiting aneka rasa Rp 30.000 per porsi. Kepiting soka Rp 30.000 per porsi. Kepiting telur aneka rasa Rp 35.000 per porsi. Menu ikan dengan berbagai masakan hanya Rp 25.000 per porsi. Sedangkan udang Rp 20.000. Ukuran porsi yang disediakan cukup untuk dua orang.

Untuk minuman, selain teh tawar yang boleh tambah sepuasnya, harga minuman lain juga sangat tidak masuk akal. Teh manis hanya Rp 500 per gelas ukuran 300 mililiter. Kelapa muda Rp 4.000 per buah, dan aneka jus hanya Rp 4.000 per gelas. Diakui Wawan, harga yang murah ini memang tidak mendatangkan keuntungan besar bagi manajemen. Namun dengan harga yang murah, banyak orang yang akan datang, sehingga omzet penjualan pun meningkat.

“Semakin banyak orang yang datang, maka penjualan akan meningkat. Keuntungan pun makin besar,” ujar dia, yang pernah bekerja di Hotel Mandarin Oriental ini.

Selain harga yang murah, danmutu masakan yang baik, d’Cost juga menyajikan suasana modern di restorannya. Tamu yang datang tidak perlu menunggu makanan terlalu lama, karena pesanan dilakukan dengan personal data assitance (PDA) yang langsung online dengan komputer di dapur dan kasir.

“Ini demi efisiensi waktu. Setelah menulis pesanan, pramusaji bisa langsung melayani tamu lain, tanpa harus ke dapur dulu mengantar daftar pesanan. Selain itu, kemungkinan terjadi kesalahan dalam pemesanan juga menjadi lebih kecil,” ungkap Wawan. Kesalahan pemesanan yang dimaksud adalah salah menu, dan catatan pesanan terselip atau pesanan tertukar. Hmmm…ok juga!

____________ _________ ______
D’COST Seafood
Jl Kemang Raya 84
Jakarta Selatan
Telp : (021) 71792661 / 70621609

Categories: Info Murah
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: