Home > Info IT > Instalasi Joomla di Localhost

Instalasi Joomla di Localhost

Pastikan WebServer telah di-install dan berjalan dengan lancar.

Sekarang kita akan mulai tahap instalasi Joomla. Seperti biasa kita akan awali sebuah proses instalasi dengan download dulu Software yang kita butuhkan.

Joomla dapat kita download di Sini. Setelah selesai didownload, kemudian anda extrack file tersebut ke folder C:\AppServ\www (saya menggunakan aplikasi web server AppServ), dan beri nama folder itu dengan joomla.

Setelah di extrack coba anda panggil direktory tersebut menggunakan webbrowser dengan mengetikan http://localhost/joomla/ . Kemudian akan muncul proses instalasi. Kemudian klik next untuk meneruskan proses instalasi.

Seperti biasa di Joomla juga ada license nya. Untuk License ini apakah anda setuju dan mau meneruskan proses instalasi. Klik Next untuk meneruskan Instalasi.

Di proses berikutnya adalah anda akan di minta untuk mengisi Form-Form yang mana di dalamnya terdapat form Host Name, itu terserah anda mau di isi apa. Tapi sebaiknya di isi yang defaultnya aja yaitu localhost. MySQL User Name, User yang di miliki oleh MySQL usernya adalah root. MySQL Password, ini adalah password dari MySQL yang tadi anda masukan (Saat instalasi AppServ nya).

MySQL Database Name, database yang akan kita berikan untuk Joomla ini. Kemudian klik Next untuk melanjutkan Installasi.

Kemudian anda masukan nama Site untuk Joomla ini. Misalkan saja MySitusku.com. kemudian klik next untuk melajutkan instalasi.

Nah ada lagi isisan form-form berikutnya. Anda isi aja di situ sesuai dengan yang anda inginkan. URL, yaitu alamat Url yang joomla kita miliki, karena ini di lokal maka anda masukan http://localhost/joomla .

Path, di mana anda meletakan file joomla tersebut masukan C:\AppServ\www\joomla. Your E-mail, masukan alamat e-mail anda. Admin password, masukan password untuk admin nya. Kemudian klik Next.

Kemudian anda akan di minta untuk menghapus folder yang bernama, folder INSTALLATION. Yang berada di dalam folder joomla.

Kemudian klik administrator untuk masuk ke menu administrator, tapi sebelumnya kita harus login dulu. User default nya adalah admin dan passwordnya telah anda masukan tadi.

Jika masih kurang jelas, bolehlah komentari artikel ini, nanti pasti deh dijawab….

Selamat mencoba.

Categories: Info IT
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: