Home > Info IT, Kata Teman > TIPS Bagi yang ingin Unsubcribe & Cara Memfilter email anda

TIPS Bagi yang ingin Unsubcribe & Cara Memfilter email anda

Dear rekan semua,

bbrp hari ini milist dipenuhi message dari rekan2 yang ingin unsubscribe. Saya kurang jelas apakah rekan2 tsb tidak tau cara unsubscribe atau memang proses unsubscribe yang bermasalah.

Berikut saya sampaikan beberapa saran untuk rekan2 yang mau unsubscribe dan juga tips untuk mengorganisasi email rekan2 sehingga lebih nyaman digunakan.
Tips ini saya contohkan dengan mail dari Yahoo dan Gmail, untuk layanan email lainnya saya rasa tidak akan jauh berbeda.

Maaf bagi yang sudah tau🙂

Yahoo MAIL
============ ==

Cara I:
———–
login ke http://groups. yahoo.com
Nanti di bagian My Groups akan muncul daftar milist yang anda ikuti.
Pilih Id-ebook
Klik edit membership di tengah atas.
Disini ada 2 cara yang bisa dilakukan.

Cara A.
Pada bagian Step 2. Message Delivery
Pilih Web Only – Don’t get notified of the latest happenings. Read messages only on the web.
Klik tombol Save Changes di kanan bawah
Disini nanti anda tidak akan mendapatkan lagi email dari milist

Cara B.
Langsung scroll ke bagian kanan bawah
Pilih Leave Group
Disini berarti anda keluar dari milist.
ikuti proses selanjutnya

Cara II: Disarankan untuk yang berlangganan banyak milist
———–
Klik Options di kanan atas
Pilih Filter

Pilih Add

Pada bagian subject Pilih contains lalu isi Id-ebook
Pada bagian Then… Move the message to: Pilih [New Folder]

Rule yang terbentuk akan seperti ini (contoh setting yang saya buat):
Id-ebook

If…

Subject contains “Id-ebook”

Then…

Move message to Id-ebook folder

Setelah itu tinggal isi nama foldernya, juga beri nama filter ini.

Selanjutnya, semua message yang berasal dari milist ini (Id-ebook) akan masuk ke folder Id-ebook, dan karna sekarang yahoo sudah unlimited storage, maka
rekan2 tidak perlu memikirkan space dari email yang ada di folder ini.
Sebagai tambahan, saya juga ada milist yg ingin saya unsubscribe, tapi selalu gagal, akhirnya saya buat folder khusus,
sampai saat ini isinya kira2 1500an email dan terus bertambah:D
Bahkan untuk milist Id-ebook ini masih ada 850an email yg belum/tidak saya baca.

Gmail
======

Klik menu setting di kanan atas
Pilih Filter

Pada bagian From isi [Id-ebook]
Klik Test Search, untuk memastikan Rule sudah benar (ditandai dengan email dari milist ini akan muncul dibawah)

Klik Next Step

Disini ada beberapa pilihan, (dan dalam kasus ini menurut saya ada 2 pilihan yang cocok)
– Dijadiin Archieve (jadi tidak masuk ke inbok)
– Delete it

Semoga ini bermanfaat bagi temen2 semua..
Email bisa dikelompokkan, email penting tidak akan terlewatkan, dan tidak perlu mengirimkan email berkali2 ke milist utk unsubscribe seperti yang saya perhatikan di milist ini, yang jelas tidak akan ada efeknya (bahkan email tsb akan kembali lg ke anda🙂 )

Untuk pengguna email lainnya, caranya saya pikir hampir sama, tinggal dimodif aja.

Semoga bermanfaat,

Salam,

———— ——— ——— ——-
A Mario Budi S, S.Kom
“Anything is possible with a positive view on your dream…”

Categories: Info IT, Kata Teman Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

