Home > Movie > Movie : Zodiac (2007)

Movie : Zodiac (2007)

zodiac
Release Date: 02 Mar 2007 (Intl.)
Sutradara: David Fincher
Naskah: Jamie Vanderbilt
Pemain: Jake Gyllenhaal, Mark Ruffalo, Robert Downey Jr., Anthony Edwards, Brian Cox, Elias Koteas, Donal Logue, John Carroll Lynch, Dermot Mulroney
Studio: Paramount Pictures
Kategori: Thriller

Ulasan:

THE HUNT FOR ZODIAC KILLER
Amerika Serikat dalam rentang tahun 1966-1972, digegerkan dengan aksi sang pembunuh berantai yang menamakan dirinya Zodiac. Yang aneh, sang pembunuh seringkali mengirimkan surat berisi kode tertentu pada pers serta penegak hukum. Kehadiran Zodiac menarik perhatian Paul Avery, seorang wartawan San Fransisco Chronicle untuk mencari tahu jati diri sang Zodiac. Kepala Polisi SFPD, kapten Marty Lee pun memerintahkan detektif David Toschi dan William Armstrong untuk mengusut kasus ini. Bukti-bukti sempat mengarah pada sosok Arthur Leigh Allen, namun akibat kurangnya bukti, ia pun dibebaskan. Sampai sekitar tahun 1976, seorang kartunis, Robert Graysmith, berusaha mengusut kembali kasus Zodiac. Namun Paul Avery, yang kini sakit-sakitan sudah tak bersemangat lagi mengusut kasus ini, begitu pula dengan Detektif Toschi. Bahkan ketika surat dari sang Zodiac muncul kembali, pihak provost malah mencurigai Toschi lah yang menulis surat tersebut demi menaikkan karirnya. Penyelidikan Robert membuahkan hasil dan mengarah pada satu nama: Arthur Leigh Allen!! Namun karena tak ada pihak yang mendukungnya, akhirnya atas saran Melanie, isterinya, ia pun menumpahkan semua hasil penyelidikannya dalam buku yang ia tulis. Barulah di tahun 1991, seorang korban Zodiac yang selamat dan sempat menghilang beberapa tahun, mengenali bahwa Allen lah sang Zodiac. Sayangnya tatkala FBI membuka kasus ini kembali, Allen keburu meninggal akibat gagal jantung. Avery sendiri meninggal di tahun 1996, sementara Toschi baru saja pensiun dari tugasnya pada tahun 2000, sedangkan Robert kini hidup sejahtera bersama isteri dan anak-anaknya. Ia mengaku setelah Allen tewas tak pernah lagi menerima teror lewat telepon dari sang Zodiac…

A NEW THRILLER FROM DAVID FINCHER
Mengawali karir sebagai sutradara video klip musik, David Fincher, kemudian dikenal sebagai sutradara film-film thriller bermutu seperti Alien 3, Se7en, The Game, dan Panic Room. Kini, untuk pertama kalinya, Fincher menggarap sebuah film thriller berdasarkan kisah nyata tentang kasus pembunuh berantai yang dilakukan oleh seseorang yang mengaku bernama Zodiac. Tiga aktor watak dipercaya menjadi bintang utama film ini, yang pertama Jake Gyllenhaal (Brokeback Mountain) berperan sebagai Robert Graysmith, lalu ada Mark Ruffallo (All The King`s Men) sebagai detektif David Toschi, dan terakhir Robert Downey Jr (Gothika), sebagai Paul Avery. Chloe Sevigny (Boys don`t Cry) memerankan Melanie, isteri Robert, aktor dari serial tv ER, Anthony Edwards, kebagian peran sebagai partner Toschi, William Armstrong, sedangkan tokoh Arthur Leigh Allen diperankan dengan baik oleh John Carroll Lynch (Volcano, Face/Off).

Fincher menggarap film ini dengan aroma misteri yang pekat. Sejak awal film, kita menjadi penasaran ingin mengetahui siapakah sebenarnya sang Zodiac. Akting bagus pun ditampilkan ketiga bintang utamanya, selain itu ada beberapa scene yang cukup menarik, seperti tatkala Robert mengorek informasi dari Toschi atau ketika Leigh Allen menghadapi interograsi dari Toschi dkk. Sayangnya, ciri khas Fincher seperti warna kelam suram dan teknik angle kamera yang tak lazim yang sempat ia tampilkan dalam Se7en, The Game, dan Panic Room, kali ini ia tinggalkan. Namun, biarpun begitu Zodiac masih memiliki elemen misteri yang cukup membuat kita yang menyaksikannya semakin penasaran.

Kendati ada beberapa ciri khas yang ditanggalkan oleh Fincher, namun Zodiac boleh dibilang merupakan film masterpiece lain darinya. Gaya penggarapan Fincher yang ciamik, dimana unsur misteri tetap terjaga hingga akhir plus penampilan para bintangnya yang cukup baik membuat Zodiac sangat sayang untuk dilewatkan, terutama bagi mereka yang menyukai period movie berdasarkan kejadian nyata tertentu.

Download movie ini klik di sini.

Categories: Movie Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: