Home > Info IT > Layanan Micro-blogging: Kronologger.com

Layanan Micro-blogging: Kronologger.com

kronologger
Belum lama ini saya ikutan jadi member di Kronologger.com, salah satu layanan micro-blogging Indonesia. Menurut Wikipedia – micro-blogging adalah salah satu bentuk dari blogging yang menyediakan tempat bagi penggunanya untuk menuliskan pesan singkat (biasanya kurang dari 200 karakter) yang bisa dilihat semua orang atau untuk kalangan tertentu saja.

Kronologger memang bukan pemain pertama di layanan micro-blogging. Kebanyakan orang di Indonesia mungkin sudah menjadi member di layanan sejenis yang lebih dulu ada seperti Twitter, Jaiku atau MoodMill.

Buat saya, bergabung di Kronologger bisa menjadi alternatif untuk menuliskan sesuatu yang singkat, yang kadangkala agak ngawur – tapi iseng pengen ditulis tanpa harus memenuhi blog. Misalnya:

“ada 2 orang ribut di pangkalan ojeg – ternyata yang satu lagi ngomelin yang selingkuh sama istrinya. ribut kok di pangkalan ojeg, di pangkalan ojeg kok ribut. aya-aya wae”.

Pernah suatu saat, saya menanyakan di mana saya bisa hosting file yang bisa di-hotlink dari web saya. Nggak disangka, saya mendapat response lumayan cepat dan bermanfaat dari member yang kebetulan online.

Sekarang, pengguna juga bisa menyertakan gambar (dari PC atau handphone) untuk mendukung cerita yang ditulisnya. Misalnya beberapa waktu yang lalu ada yang mengadakan buka puasa bersama di Singapore – nggak beberapa lama kemudian, mereka menulis jalannya acara disertai photo-photo. Mungkin suatu saat, nggak cuma text dan photo – tapi juga video.

Nah ini yang menarik untuk saya. Selain tampilan standar – Kronologger juga memungkinkan penggunanya untuk membuat tampilan theme sendiri dengan mendownload CSS yang sudah disediakan dan kemudian menguploadnya kembali ke server. Theme yang sudah diupload juga bisa digunakan oleh pengguna yang lain. Dari sekitar 15 theme yang tersedia saat ini (1 theme default dan sisanya adalah karya member), Krono-digg-er sepertinya theme yang menarik untuk digunakan😀

Mudah-mudahan banyak fitur menarik lainnya yang akan disediakan oleh team developernya. Mungkin aplikasi nge-kron untuk ponsel supaya kroner nggak perlu repot buka browser.

Yuk, ikutan meramaikan produk dalam negeri.

Update: belum lama ini ada tambahan fasilitas di kronologger untuk posting via YM dan email.


Tambahan:

Categories: Info IT Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: