Home > T Mesin > Mercy 300E Hybrid Air

Mercy 300E Hybrid Air

Saking penasaran untuk mengetahui secara langsung praktek Hybrid Air, maka sabtu lalu saya langsung pasang botol Elektrolisa sesuai desain buku yg dijual Gramedia, saya pasang pada mobil Mercy Boxer E 300 thn 1989, dng KM 303.876 (Jadi KM hampir mencapai bulan, 360.000km to 405.000km), pertimbangannya krn ini mobil yg sehari2 dipakai, jadi lsg bisa diamati. Dengan penjelasan dan hasil sbb :

1. Dipasang hanya 1 botol dng lokasi dekat Rem ABS, ruang cukup dan jauh dari manifold/Exhaust engine, Gbr.1.  Posisi E 300. Dari gbr terlihat, 2 kabel merah dan hitam yg mensuplai tegangan 12 volt. Juga pipa gas hasil elektrolisa hitam yg lsg disuplai ke dlm saringan udara/

mulut throtle. Jadi simple dan aman.

2. Gbr. 2. Kondisi Botol dengan kunci kontak off, terlihat bening karena soda kue terlarut dalam air.


3. Gbr. 3. Kondisi Botol dengan kunci kontak on terlihat menjadi keruh dan timbul gelembung2 gas hasil elektrolisa H2 dan O2 yg lsg tersedot keruang bakar mesin.

4. Hari minggu dites dng isi bensin Full, setelah melalui perjalanan tol JORR, (rpm 3000 kec. max 110km) Sentul, kembali ke Cirendeu melalui Slipi, Arteri Pdk. Indah dengan total 115,9 km (Gbr. 4). Lalu isi ulang FULL, premium di Pom Pdk Indah dng Total pemakaian Premium 10,85 Liter (Gbr. 5)


Jadi disimpulkan sementara 1 Liter mencapai 10,68 KM. Dengan pemakaian tanpa Hybrid Air sekitar 1 Liter 7 KM untuk Mercy E 300 (3000 CC-6 Silinder) maka peningkatan efisiensi mencapai 52%.

Landy Series 3 (2250 CC-4 Silinder) kondisi normal 1 liter, 7 km.

Cat: E 300 dilengkapi dng ECU, tapi belum ada Sensor Oksigen yg baru diterapkan untuk Mercy 1998 keatas.

Kesimpulan :

1. Botol elektrolisa cukup panas krn lsg disambungkan dng tegangan aki, sebaiknya 2 botol secara serie tegangan per botol 6 Volt, agar lebih dingin.

2. Menurut hasil pengukuran gas yg dihasilkan per botol 50cc permenit. untuk mesin 3000 CC sebaiknya 2 botol agar lebih optimal.

3.Walau botol panas tapi jumlah air tidak berkurang secara berarti.

4. Kadar CO gas buangan belum sempat diukur.

5. Dengan Brown Energy-Hybrid Air, Mercy 300E Thn. 1989, 3000 CC, 6 Silinder, setara dengan Avanza Thn.2003. 1500 CC, 4 Silinder DOHC-VVT, dalam penggunaan BBM.

Selanjutnya akan dicoba pada Landrover Defender Diesel Double Cab 1993.


Categories: T Mesin Tags:
  1. widhi
    July 24, 2008 at 4:39 am

    Hi Bos,

    Posting yang menarik. btw semua yang diinformasikan adalah soal penghematan konsumsi BBM. tetapi yang ingin saya tanyakan adalah apakah larinya menurun ?

    thanks,

    Widhi

  2. Doni
    September 12, 2008 at 4:35 am

    Dear,

    Menyambung pertanyaan Mas Widhi, apa ada efek negatif terhadap mesin (jangka pendek atau jangka panjang) setelah memakai alat tersebut?

    Thanks,
    Doni.

  3. werner
    September 24, 2008 at 5:12 pm

    berapa harganya & dimana alamat pemasangannya? mohon infonya,trm ksh sblmnya.

  4. justask
    March 6, 2011 at 10:56 am

    ”Jadi disimpulkan sementara 1 Liter
    mencapai 10,68 KM. Dengan pemakaian
    tanpa Hybrid Air sekitar 1 Liter 7 KM untuk
    Mercy E 300 (3000 CC-6 Silinder) maka
    peningkatan efisiensi mencapai 52%.”

    efisiensi yg mana? Kl dari 1:7 menjadi 1:10,68 koq 52
    %?

  5. ingo
    August 20, 2011 at 12:56 am

    kalau buat mobil dengan mesin disel bisa g

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: