Home > Belajar Bisnis > Pentingnya Timing dalam Cold Call

Pentingnya Timing dalam Cold Call

Pentingnya Timing dalam Cold Call

Salah satu faktor terpenting dalam melakukan prospecting melalui cold call adalah menentukan timing. Mengapa timing menjadi faktor penting? Lalu kapan sebaiknya waktu yang tepat Anda melakukan cold call? Artikel ini akan berusaha untuk menjawab pertanyaan-pertanya an tersebut

Timing yang tepat tentunya akan turut meningkatkan kesuksesan dari cold calling yang Anda lakukan. Dengan menentukan timing-timing yang tepat, maka potensi keberhasilan cold call Anda akan meningkat. Berikut ini adalah beberapa guideline dalam memilih timing melakukan cold call.

Hindari Jam Sibuk
Adanya sindrom pre-weekend dan post-weekend, mengakibatkan sebagian besar orang tidak bisa diganggu gugat pada hari Senin atau Jumat. Senin, pada umumnya mereka sedang melakukan perencanaan kerja atau membuat to-do-list, sementara Jumat umumnya mereka sedang melakukan laporan mingguan kepada atasan. Sehingga Anda punya kesempatan pada tiga hari kerja, yakni Selasa hingga Kamis. Sebaiknya, hindari sekitar jam 9.30-11.30 dan 1.30-4.00 karena itu adalah jam sibuk dimana orang biasanya sedang melakukan pekerjaan penting mereka ataupun mengadakan rapat.

Sebagai saran, Anda bisa mencoba jam-jam yang tidak biasa, yakni pada pagi hari (sekitar pukul 8 hingga 9.30), selesai jam kerja atau sore hari (diatas jam 4) atau bahkan pada saat makan siang. Bahkan, mereka para eksekutif atau pengambil keputusan lainnya, umumnya bekerja dengan jam lebih banyak dibandingkan dengan karyawan lainnya. Sehingga kemungkinan mereka mengangkat telepon langsung akan lebih besar, karena karyawan lain mungkin belum datang. Jika telepon Anda tidak diangkat pun, maka ada mesin penjawab telepon yang bisa mereka dengarkan.

Hindari Objek Publisitas
Art Siegel, seorang pakar Sales, berpendapat bahwa Anda tidak seharusnya melakukan cold call kepada perusahaan yang sedang ramai diberitakan di media. Pada umumnya, salesperson cenderung untuk mengumpulkan daftar prospek pelanggan/perusahaa n salah satunya melalui berita di media. Hal ini berdasarkan pengalamannya, dimana biasanya perusahaan yang muncul di berita/media pada umumnya menjadi sasaran banyak pemasar, dan menerima cold call dalam jumlah banyak setiap hari. Sehingga mereka cenderung untuk mengabaikan cold call tersebut karena sudah terlalu banyak.

Ia merekomendasikan supaya Anda sebaiknya menunggu sekitar sebulan atau lebih sebelum melakukan kontak dengan perusahaan tersebut. Kecuali Anda punya solusi mutlak atas masalah yang sedang dihadapi perusahaan tersebut, maka sebaiknya jangan melakukan kontak seketika.

Bertanya
Ketika melakukan cold call, jarang Anda langsung bisa terhubung dengan orang yang Anda inginkan, entah mereka sedang di tengah rapat, atau sedang tidak bisa diganggu. Oleh karena itu, tanyakan kepada sekretaris kapan waktu yang tepat untuk melakukan panggilan, karena mereka yang paling mengetahui aktivitas atasannya.

Demikian adalah beberapa tips dalam menentukan timing yang tepat dalam melakukan cold call. Timing yang tepat tentu akan meningkatkan potensi kesuksesan cold call tersebut.

Sumber : http://www.bdc.ca, http://www.salesmba. com, http://www.entrepreneur. com

Categories: Belajar Bisnis Tags:
  1. Yusmin
    July 30, 2008 at 4:20 am

    wah.. mesti banyak belajar lagi ya saya mengenai cold call, pak mau tanya ya.. menurut bapak, cold call yang ampuh dan masuk ke hati prospek seperti apa ya?? karena saya sering melakukan cold call kepada orang yang tidak saya kenal, baik dari toko ke toko maupun rumah ke rumah dan jarang sekali berhasil, bukan masalah penolakannya tapi saya lebih bertanya pada bagaimana cold call yang baik sehingga mereka mau terima saya?

  2. February 4, 2013 at 4:25 am

    What’s Happening i am new to this, I stumbled upon this I have found It positively useful and it has helped me out loads. I am hoping to contribute & help different customers like its helped me. Good job.

  3. February 5, 2013 at 7:45 am

    At this time I am going to do my breakfast, when having my
    breakfast coming over again to read more news.

  4. June 5, 2013 at 8:45 pm

    Nice blog here! Additionally your web site quite a bit
    up fast! What web host are you the usage of? Can I am getting your
    associate link on your host? I wish my website loaded up
    as quickly as yours lol

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: