Home > Belajar Bisnis > 3 Trik Persuasi dalam Sales

3 Trik Persuasi dalam Sales

Skill sudah Anda miliki, kriteria produk yang andal sudah dipenuhi, prospek membludak, namun penjualan Anda kurang memuaskan? Mungkin Anda kurang menggunakan trik yang jitu dalam melakukan persuasi kepada prospek.

Salesperson seringkali menyerah begitu saja ketika melakukan penjualan kepada prospek. Ketika prospek berkata, “maaf saya tidak perlu”, seringkali salesperson sudah langsung menyerah. Padahal, dengan beberapa trik jitu dalam melakukan persuasi, salesperson bisa lebih efektif dalam melakukan penjualan.

Produk Eksklusif
Posisikan produk Anda sebagai produk yang ‘eksklusif,’ atau ‘terbatas’, sehingga prospek akan memandang value produk ini lebih tinggi. Menurut riset, manusia akan menilai lebih tinggi terhadap apa yang sulit untuk mereka dapatkan. Sehingga, seringkali ditemui mobil tertentu edisi terbatas misalnya, yang laris manis di pasaran.

Jumlah produk yang terbatas menjadikan suatu produk lebih eksklusif, sehingga prospek diharapkan akan terbujuk untuk memilikinya. Strategi ini berpotensi untuk sukses di Indonesia, karena salah satu karakter unik konsumen Indonesia adalah pamer dan gengsi, yang berarti konsumen menyukai produk-produk yang eksklusif dan punya gengsi tersendiri.

Tekankan Kerugian
Salespeople yang membicarakan tentang kerugian, bukannya manfaat, akan memperoleh hasil yang optimal. Beritahu prospek Anda mengenai apa saja kerugian yang mereka dapat jika tidak menggunakan produk Anda. Strategi ini dapat berjalan dengan baik, karena efek kehilangan akan sesuatu akan dirasa lebih menyakitkan dibandingkan dengan memperoleh sesuatu yang tidak Anda punyai sebelumnya.

Agen asuransi, misalnya, seringkali salah dalam memasarkan produk asuransinya. Jika mereka melakukan presentasi dengan menekankan manfaat asuransi, seperti “Dengan asuransi ini, maka hidup Anda akan tenang… dsb,” maka prospek mungkin tidak akan tergerak. Pendekatan yang lebih baik adalah dengan memberitahu kepada prospek mengenai apa yang akan hilang jika mereka tidak membeli produk Anda. Misalnya, “Bayangkan jika semua yang Anda miliki saat ini: rumah, hingga mobil kesayangan Anda lenyap begitu saja. Tanpa asuransi, Anda berisiko untuk kehilangan semuanya,”.

Dengan menekankan pada kerugian, tentunya Anda akan berhasil menyentuh ‘comfort zone’ dari prospek, dan memicunya untuk melakukan tindakan. Pesan yang Anda berikan akan lebih memberi efek persuasi kepada prospek.

Testimonial
Testimonial baik dari pengguna maupun ahli selalu berhasil untuk memberikan efek persuasive kepada prospek. Testimonial dari para ahli akan memberi keyakinan pada prospek dari sisi ilmiah suatu produk. Misalnya “obat ini direkomendasikan oleh dokter…”. Sementara itu, testimonial dari sisi pengguna akan lebih memberikan efek persuasive yang bersifat emosional kepada prospek. Testimonial yang begitu meyakinkan akan berhasil mempengaruhi orang lain, terutama di Indonesia, dimana masyarakatnya sangat mengandalkan word-of mouth. Itulah mengapa banyak iklan-iklan yang memanfaatkan testimonial, baik dari ahli maupun pengguna.

Demikian adalah tiga trik persuasi yang bisa Anda terapkan dalam penjualan. Pastikan bahwa ketiga trik ini Anda jalankan, maka penjualan Anda akan melonjak!

Sumber : http://www.vibiznews. com

Categories: Belajar Bisnis Tags:
  1. jerzz
    July 19, 2009 at 7:59 am
  2. June 28, 2013 at 11:09 pm

    If you searching for a brand-new insurance policy for
    your mobil then you’ve come to the right place. Within secondshours|minutes you can compare and buy vehicle
    insurance which is suited to the cover you want, by simply filling in one easy form – it could be up to USD$123

    motor insurance is insurance purchased for family cars, pickup
    trucks, motorcycles, and other road vehicles. Its primary use is to provide financial guard against physical damages and/or
    bodily impact resulting from traffic accidents and against liability that could also arise therefrom.
    The specific terms of car insurance vary with legal rulings in each area.

    To a lesser degree GAP insurance may additionally offer financial guard
    against steal of the mobil and possibly damage to the auto, sustained from things other than traffic accidents.

    THE cost of auto insurance has for decades been the scourge of the
    average motorist. But in recent months a aura of fairness has crept into
    the equation as reforms happens.

    Depending on the area, the insurance premium can be either mandated
    by the government or determined by the insurance business entity, in accordance with a frame of regulations set by the government.

    Good customers usually have to bear the cost of fraud,
    according to statistics released by the Association of British Insurance Body on normal form, a shocking £123 of each yearly automobile insurance premium goes towards the cost of insurance fraud.
    That’s AUD$632 of your premium.

    Where we uncover evidence of fraud we will declare the policy void from the time the fraudulent act took place. This means we will treat the policy as never having been in force and may result that you are not covered in the event of a claim.

    We will also share our data for fraud prevention purposes and this will include wider financial services industry, such as banks and building societies. We don’t believe in
    allowing insurance fraudsters to hide and continue their dishonest activities.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: