Home > Belajar Bisnis > Golden Rule dalam Selling

Golden Rule dalam Selling

Golden Rule dalam interaksi antar manusia adalah ‘treat others as you would like to be treated’ yang artinya adalah ‘perlakukan orang lain seperti Anda ingin diperlakukan) . Golden rule ini juga berlaku dalam selling. Sebagai seorang salesperson, Anda harus memperlakukan prospek seperti halnya Anda ingin diperlakukan.

Lalu apa saja yang perlu diperhatikan? Mungkin jawaban sesungguhnya bisa Anda jawab sendiri. Namun berikut ini adalah beberapa guideline yang bisa Anda ikuti.

Pahami Karakter
Setiap orang punya karakter yang berbeda, sehingga ini menjadikan salesperson juga harus mempunyai pendekatan yang berbeda bagi tiap karakter. Lalu bagaimana Anda ingin diperlakukan? Yang penting, selalu ingat untuk selalu mempraktekkan integritas, peduli, dan empati setiap kali Anda melakukan selling kepada orang lain. Sesuai golden rule, tepat seperti Anda ingin diperlakukan.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai karakter, Anda bisa membaca artikel berjudul ‘Kunci Sukses Selling Kepada 4 Tipe Temperamen Manusia’.

Product Knowledge
Seorang prospek yang tertarik kepada suatu produk, tentunya berasumsi bahwa salesperson mengetahui segalanya tentang produk tersebut. Oleh karena itu, sudah sepantasnya bahwa Anda sebagai seorang salesperson memahami segala sesuatu mengenai produk tersebut, termasuk kelebihan dan kekurangannya. Anda juga harus jujur dan fair untuk mengemukakan kekurangan mengenai produk/layanan Anda, karena tentunya jika Anda sebagai pelanggan, Anda ingin diperlakukan dengan jujur, bukan? Jika Anda tidak jujur, dan di kemudian hari pelanggan menemukan bahwa produk Anda punya kekurangan tertentu, maka tentu ia akan kecewa.

Empati
Salah satu golden rule lainnya adalah empati, yang berarti mempunyai perhatian dan kepedulian terhadap prospek. Tentunya Anda akan merasa lebih nyaman dengan orang yang punya empati kepada Anda, bukan? Begitu juga halnya prospek, mereka cenderung akan membeli kepada pihak yang memedulikan mereka, pihak yang dapat menjawab kebutuhan mereka.

Seorang salesperson punya kepedulian terhadap diri mereka sendiri, perusahaannya, produk dan layanannya, dan yang terpenting adalah peduli kepada pelanggan supaya pelanggan dapat mengambil keputusan pembelian dengan tepat.

Pada intinya, proses sales adalah proses interaksi antara penjual dan calon pembeli. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan proses tersebut bergantung pada kebutuhan, produk/layanan yang terkait, serta interaksi yang terjadi antara kedua pihak tersebut. Jika calon pembeli tidak membutuhkan produk Anda, tentunya Anda tidak bisa memaksa. Namun, jika calon pembeli memang membutuhkan produk Anda, dan produk Anda berkualitas, maka bola ada di tangan Anda.

Selamat menjual!

(Sumber : http://www.vibiznews. com)

Categories: Belajar Bisnis Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: