Home > Belajar Bisnis > Time Management Untuk Salesperson

Time Management Untuk Salesperson

Seorang salesperson harus mempunyai time management skill yang baik, sehingga mereka dapat memperoleh hasil yang optimal. Seringkali salesperson menghabiskan waktu untuk aktivitas yang kurang penting, sehingga hasil yang dicapai kurang optimal. Lalu seperti apa seharusnya time management seorang salesperson?

Pada dasarnya, terdapat tiga aktivitas dalam time management skill yang merupakan prioritas utama bagi seorang salesperson, dan seharusnya Anda membagi waktu menjadi porsi yang sama bagi ketiga aktivitas ini.

Aktivitas Marketing
Aktivitas yang merupakan skill pertama dari time management skill ini adalah aktivitas Marketing. Dimana Anda sebagai seorang salesperson juga melaksanakan kegiatan pemasaran, seperti networking, menyiapkan proposal penawaran, mengirimkan newsletter, membuat sales appointment, hingga melakukan panggilan follow-up.

Selain itu, sebagai seorang salesperson Anda sudah seharusnya mempelajari tentang Marketing. Sediakan waktu luang dalam sehari untuk mempelajari Marketing, baik itu melalui buku, CD, kursus kilat, hingga lewat internet. Selagi Anda belajar, Anda juga dapat mempraktekkannya sedikit demi sedikit, sehingga perlahan Anda akan menikmati hasilnya.

Aktivitas Selling
Selling adalah aktivitas utama, yang juga berpotensi menghasilkan pendapatan bagi salesperson. Aktivitas ini meliputi meluangkan waktu dengan klien serta meluangkan waktu untuk membangun produk atau layanan lainnya yang berpotensi memberikan penghasilan.

Aktivitas ini meliputi antara lain mengembangkan diri (personal development) , planning jangka pendek dan jangka panjang, meningkatkan skill yang Anda miliki, hingga mengembangkan bisnis. Waktu yang Anda luangkan untuk planning hingga meningkatkan skill akan menjadi investasi yang bermanfaat di masa depan.

Aktivitas Service
Aktivitas yang terakhir adalah servicing atau melayani, dimana sebagian besar salesperson menghabiskan waktunya untuk aktivitas yang satu ini. Aktivitas ini bagian dari CRM, yang meliputi antara lain membalas panggilan telepon pelanggan, membalas surat atau email, hingga pekerjaan kantoran seperti mengatur dokumen-dokumen pelanggan. Sebaiknya Anda meminimalisir aktivitas ini, supaya dapat lebih meluangkan waktu untuk dua kategori awal yang lebih berpotensi untuk meningkatkan pendapatan Anda.

Dari seluruh aktivitas tersebut, lalu mana yang bisa Anda delegasikan kepada orang lain, supaya Anda dapat berkonsentrasi pada aktivitas yang mampu memaksimalkan investasi?

1. Akuisisi pelanggan: Cold call bisa membuat aktivitas Anda menjadi tidak efektif, sehingga lebih baik Anda mendelegasikannya kepada orang lain. Selain itu, kini banyak perusahaan telemarketing, dan ahli internet marketing yang mampu mengerjakan aktivitas ini untuk Anda, bahkan lebih baik. Dengan proses dan materi yang dirancang dengan baik, maka Anda akan mampu memperoleh pelanggan dengan lancar.

2. Administrasi
Tentunya Anda tidak perlu mengerjakan seluruh pekerjaan administrasi sendiri. Delegasikanlah sebagian yang kira-kira bisa dikerjakan oleh orang lain. Dengan begitu, waktu Anda bisa dimanfaatkan untuk aktivitas yang lebih penting, seperti networking ataupun membuat janji pertemuan.

3. Customer Service
Customer service juga penting untuk mempertahankan tingkat penjualan, namun pekerjaannya lebih bersifat administrative, sehingga Anda dapat mendelegasikannya kepada orang lain. Terutama untuk pekerjaan rutin seperti membalas email, telepon, dan lainnya.

Intinya, sebagai seorang salesperson, Anda harus memanfaatkan waktu secara optimal untuk dapat memetik hasil yang maksimal. Kuncinya adalah, menelaah prioritas aktivitas serta melakukan delegasi aktivitas. Dengan berfokus pada itu, Anda akan menemukan bahwa investasi waktu Anda memberikan hasil yang optimal.

Sumber: http://www.vibiznews. com, salesopedia. com, entrepreneur. com, fromtheheartsalestr aining.com, dan sumber lainnya.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: