Home > Belajar Bisnis > Planning dan Evaluasi Time Management Untuk Salesperson

Planning dan Evaluasi Time Management Untuk Salesperson

Pada artikel sebelumnya yang berjudul ‘Time Management Untuk Salesperson’ kami menjelaskan mengenai beberapa aktivitas penting bagi seorang salesperson, serta aktivitas-aktivitas mana saja yang bisa didelegasikan supaya menjadikan waktu terpakai secara lebih optimal. Selanjutnya, bagaimana Anda bisa menetapkan prioritas serta mengevaluasi penggunaan aktivitas Anda?

Biasanya, dalam melakukan planning, mungkin Anda membuat sebuah to-do-list, yang terdiri dari sejumlah kegiatan. Namun, kadang Anda mungkin bingung dengan prioritas dari daftar yang Anda buat sendiri. Pada akhirnya, aktivitas yang Anda lakukan menjadi tidak efektif, sehingga target tidak terpenuhi. Lalu bagaimana sebaiknya Anda membuat prioritas?

Sebuah planning yang baik, tidak hanya mencakup planning harian, melainkan juga planning mingguan, bulanan, kuartalan hingga tahunan. Planning akan memberikan fokus kepada Anda mengenai aktivitas yang perlu didahulukan. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda jalankan:

1. Kembangkan tujuan yang ingin Anda capai, baik dalam kategori sales maupun personal development
2. Tetapkan tujuan bagi setiap fase proses penjualan
3. Definisikan target serta metric bagi masing-masing tujuan
4. Buat planning tugas-tugas apa yang harus Anda kerjakan pada masing-masing tujuan, lalu taruh pada jadwal mingguan Anda
5. Evaluasi pencapaian Anda tiap minggu

Dahulukan aktivitas yang penting, seperti yang sudah dibahas dalam artikel lalu. Untuk mengetahui aktivitas yang penting bagi Anda, Anda juga dapat memanfaatkan Pareto Law atau 80/20 rule, dimana Anda bisa menemukan 20% aktivitas yang menghasilkan 80% hasil bagi Anda sehingga Anda bisa berfokus pada aktivitas-aktivitas tersebut nantinya.

Lalu bagaimana cara mengevaluasi time management skill Anda? Salah satu solusinya adalah dengan memberikan poin untuk setiap aktivitas yang Anda lakukan. Ray Silverstein mengajukan sistem 15 poin per hari seperti berikut ini:

• Melakukan panggilan untuk membuat janji pertemuan : 1 poin
• Meminta referral: 1 poin
• Membuat janji bertemu: 2 poin
• Mendatangi event networking: 3 poin
• bertemu dengan klien: 3 poin
• bertemu dengan prospek: 4 poin
• melakukan presentasi sales: 4 poin
• berhasil menjual: 5 poin

Buat catatan per hari mengenai aktivitas Anda dan poin yang Anda peroleh, kemudian evaluasi per minggu untuk mengetahui apakah Anda sudah cukup menyisihkan waktu untuk aktivitas yang penting untuk sales. Jika belum, ganti aktivitas yang kurang produktif menjadi aktivitas yang punya hasil penting. Sehingga, Anda akan bisa bekerja dengan lebih efisien dan efektif dalam selling!

Sumber: time-management. iknownow. net, http://www.salesmanagement 20.com, http://www.entrepreneur. com, dan sumber lainnya.

Categories: Belajar Bisnis Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: