Home > Belajar Bisnis > Tips Meningkatkan Skill Networking

Tips Meningkatkan Skill Networking

Dalam dunia bisnis, networking adalah hal yang penting demi menjalin hubungan dengan orang lain. Untuk melakukan networking, ada beberapa langkah-langkah yang harus dilakukan, mulai dari persiapan, pelaksanaan, hingga menjalin hubungan setelah event berakhir. Berikut ini adalah ulasannya.

Preparation
Sebelum melakukan networking, Anda harus melakukan persiapan terlebih dahulu. Pertama-tama adalah Anda harus menetapkan target, misalnya dalam satu event, minimal Anda mengenal 5 orang baru. Kemudian persiapkan apa yang kira-kira bisa Anda bicarakan dengan orang baru, misalnya pertanyaan apa saja yang bisa Anda ajukan? Lalu informasi apa saja yang bisa Anda sampaikan kepada orang baru tersebut?

Kemudian jangan lupa persiapkan kartu nama Anda. Dan salah satu yang terpenting, siapkan pakaian Anda karena penampilan memberikan kesan pertama. Jika Anda mendatangi sebuah event penting untuk networking, maka pastikan bahwa Anda mengenakan busana professional yang sesuai dengan tema acara.

Get Into Action
Awalnya memang mungkin sulit untuk memulai pembicaraan, namun Anda jangan ragu untuk menyapa orang lain terlebih dulu. Seperti yang telah dipersiapkan, Anda bisa menyapa orang lain dengan bertanya dari mana asal mereka, nama, pekerjaannya, hingga berdiskusi mengenai event yang sedang Anda hadiri tersebut. Intinya, Anda harus terlebih dulu membina hubungan yang baik. Jangan langsung menjual, melainkan lebih banyak mendengar. Umumnya jika kita bertanya dengan antusias, tentu orang akan dengan senang hati untuk berbicara. Namun jangan lupa untuk memperkenalkan diri Anda, dan sedikit deskripsi mengenai diri Anda.

Jaga eye-contact dengan lawan bicara Anda, karena itu menunjukkan bahwa Anda fokus dan perhatian terhadap apa yang dibicarakannya.

Cara terbaik untuk networking antara lain dengan mendekati orang yang sedang berdiri atau duduk sendiri. Jangan pernah Anda mendekati orang lain yang sedang menelpon atau sedang terlibat dalam pembicaraan empat mata dengan orang lain, karena mungkin saja ia sedang dalam diskusi penting. Tunggu hingga mereka sudah berhenti menelpon atau tidak melakukan aktivitas lainnya.

Maintain Contacts
Dalam event networking, minta kartu nama orang yang Anda ajak berkenalan. Sehingga, Anda akan bisa mengingat nama mereka, dan punya catatan bagaimana Anda bisa menghubunginya. Bahkan Anda bisa memanfaatkan belakang kartu nama untuk mencatat apa yang ingin Anda ingat, karena mungkin bisa bermanfaat untuk mengambil langkah selanjutnya. Misalnya, mungkin Anda ingin menuliskan mengenai di event mana Anda bertemu dengan orang tersebut.

Ketika Anda bertemu seseorang untuk pertama kali, dan Anda menganggap bahwa pertemuan itu penting, maka Anda punya waktu sekitar 48 jam sebelum orang tersebut lupa kepada Anda. Oleh karena itu, Anda dapat membina hubungan dengan cara mengirimkan email ataupun menghubungi lewat telepon, terutama jika Anda sudah berjanji untuk menghubunginya setelah acara tersebut berakhir.

Kesimpulan
Networking skill adalah skill yang bisa Anda kembangkan terus menerus seiring dengan semakin banyaknya pengalaman bertemu dengan orang lain. Perlu diingat, bahwa networking adalah saat dimana Anda membina hubungan baik, bukan berjualan. Pisahkan antara waktu menjalin hubungan dengan berjualan, toh Anda bisa mengatur janji bertemu setelah event berakhir. Dan camkan bahwa event networking bukanlah masalah mendapatkan kenalan sebanyak mungkin, melainkan menjalin beberapa hubungan yang potensial di masa depan.

Sumber : http://www.vibiznews. com

Categories: Belajar Bisnis Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: