Home > Info IT > Ketika politisi kita terpikat online campaign Barrack Obama

Ketika politisi kita terpikat online campaign Barrack Obama

Membaca tulisan Kompas minggu 20 Juli 2008 yang membahas tentang memoles citra para politisi agar tampil manis di mata publik, ada point menarik yang patut kita catat yaitu mulai dimanfaatkannya online sebagai salah satu medium yang digarap secara serius untuk menarik simpati publik. Jika selama ini kampanye politik dipenuhi dengan gaya komunikasi traditional yang satu arah lewat iklan TV dan media cetak, maka kali ini kampanye akan lebih hidup dengan adanya medium interaktif online.

Dimanfaatkannya online oleh para politisi kita, merupakan hal yang terprediksi.?Ǭ� Selain faktor kesadaran bahwa online mempunyai pengaruh besar dalam membentuk opini publik, juga karena dipicu oleh success story Barrack Obama dalam mengumpulkan puluhan juta pendukung dengan memanfaatkan YouTube serta jaringan sosial Facebook.

Silahkan log in ke Youtube dan ketik nama Barrack Obama, maka akan muncul puluhan video pendek yang berisi pidato-pidato pentingnya, video parody hingga video yang sengaja dibuat khusus oleh para penggemarnya. Silahkan juga mencari nama Barrack Obama di facebook dan bergabunglah dengan ribuan penggemarnya yang lainnya. Selain di dua jarinagn itu, Obama juga memiliki official website yang didalamnya tersedia blog, news, event hingga merchandise yang bisa dibeli dan digunakan untuk menyatakan dukungan. Obama juga melakukan kampanye simpatik di websitenya tersebut dengan memasang banner bertuliskan ‘Thank You Senator Hilarry’ yang didalamnya terdapat copywriting yang sangat menyentuh dan respectful berbunyi:

Join our National Movement for Change

Senator Clinton made history over the past 16 months — not just because she has broken barriers, but because she has inspired millions of Americans with her strength, her courage, and her commitment to causes like universal health care that make a difference in the lives of hardworking Americans.

?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ�?Ǭ� ****

YouTube, Facebook, blog maupun official website memang merupakan senjata ampuh untuk mendekati, berinteraksi, mempengaruhi dan membentuk opini publik. Namun itu semua hanya akan menjadi senjata yang tumpul, dan bukan tidak mungkin malah senjata makan tuan, jika tidak didasari oleh strategy yang tepat.

Terinsiprasi oleh Obama sah-sah saja, tapi sangat tidak disarankan untuk semata-mata mengcopy apa yang dilakukan tanpa pemahaman yang kuat tentang strategy besar dibelakangnya dan strategy dalam memanfaatkan media online. Itu dua hal yang berbeda. Yang juga wajib dicatat, pertarungan di online jauh lebih keras dibanding dengan Anda membuat iklan-iklan di media satu arah. Bersiaplah menghadapi kritik pedas hingga caci maki maupun argumen-argumen cerdas yang bukan tidak mungkin mematahkan argumen yang Anda berikan dan membuat publik yang semula simpati menjadi antipati dengan Anda.

Itulah realitas komunitas online yang memang terbiasa dengan komunikasi transparan, terbuka, logis, ngga basa basi. Di online lah kecerdasan para politisi benar-benar teruji. Dan untuk mengantisipasi itu, sangat ceroboh jika masuk ke online tanpa disertai strategy dan pemahaman insight komunitas konsumen online secara kuat.

Langkah yang dilakukan Rizal Malarangeng dengan memanfaatkan Youtube untuk meng-upload iklan TVC?Ǭ� nya masih jauh dari yang dsebut strategis dan belum memaksimalkan potensi YouTube, Begitu juga yang dilakukan Fadjroel Rachman via Multiply , atau pun Yuzril Ihza mahendra lewat http://www.yusril.ihzamahendra.com. Tapi mudah-mudahan, seperti kata Rizal di Kompas, ini semua baru introduction. Mudah-mudahan juga, introductionnya ngga kelamaan, Keburu basi.

Last but not least, dibalik kesuksesan online campaign Barrack Obama, ada strategy besar yang melatarbelakanginya. Jangan hanya melihat kulit luar dan mengcopy mentah-mentah. Senjata akan menjadi bermanfaat jika kita tahu bagaimana cara menggunakannya.

sumber : http://www.virus-communications.com

Categories: Info IT Tags:
  1. September 2, 2008 at 3:25 am

    sip…mudah2an indonesia juga mulai berbenah dan memanfaatkan jaringan trenet untuk mengakses massa sebanyak mungkin

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: