Home > Belajar Bisnis > Mengatasi Ketakutan dalam Selling

Mengatasi Ketakutan dalam Selling

Banyak dari Anda yang mungkin baru terjun ke dunia Sales, dan merasa bahwa Sales adalah dunia yang sangat asing bagi Anda. Tentunya terjun ke dunia yang sama sekali baru, bagi sebagian dari Anda menimbulkan ketakutan tersendiri. Banyak pertanyaan yang hinggap di kepala Anda, “bagaimana jika saya ditolak?”, “bagaimana jika saya gugup nantinya?” dan serangkaian pertanyaan lainnya.

Jika Anda membiarkan ketakutan itu menguasai diri Anda, tentunya kegagalan sudah berada di depan mata. Oleh karena itu, Anda harus mengalahkan ketakutan tersebut! Bagaimana caranya? Berikut ini adalah tips-tips singkat dari saya.

Why Fear?
Untuk bisa menguasai ketakutan yang timbul, pertama-tama Anda harus memahami alasan ketakutan pada diri Anda.

Kurang Percaya Diri
Alasan pertama adalah mungkin Anda kurang percaya diri. Jika Ya, temukan alasan Anda kurang percaya diri. Apakah dari penampilan? Apakah dari sikap dan pembawaan Anda? Langkah yang harus Anda lakukan pertama kali adalah memperbaiki penampilan, karena ini memberikan kesan pertama yang baik kepada orang lain. Dengan berpenampilan baik, tentunya Anda akan lebih percaya diri. Perbaiki pula postur tubuh Anda Postur tubuh yang tegap mencerminkan bahwa Anda adalah seorang yang percaya diri.

Takut Gagal/Ditolak
Ketakutan ini sangat banyak dimiliki oleh sales, padahal sesungguhnya ini biasa dalam bisnis. Misalnya pertama Anda takut, kemudian mencoba, lalu gagal, gagal, dan gagal lagi. Bukankah itu membuat ketakutan Anda semakin besar?

Sepanjang kegagalan, evaluasi diri Anda, namun terus jaga optimisme bahwa Anda masih mempunyai harapan di luar sana. Selagi memperbaiki diri, yakinkan diri Anda bahwa kesuksesan merupakan awal dari kegagalan. Manfaatkan kegagalan yang Anda alami sebagai pelajaran yang berarti.

Penolakan bukan berarti segalanya berakhir. Pelanggan menolak penawaran Anda, bukannya menolak Anda. Jadi apa yang Anda khawatirkan? Jangan terlalu mengambil hati penolakan dari pelanggan.

Takut Tidak Tahu
Ketika pelanggan menanyakan sesuatu, kemudian Anda tidak tahu. Itukah yang timbul dalam bayangan Anda sehingga menimbulkan ketakutan begitu besar? Sebenarnya kuncinya mudah saja, pelajari knowledge mengenai barang/jasa yang Anda tawarkan dengan baik. Pastikan bahwa Anda memahami seluruh fitur dan benefit yang ditawarkan, sehingga Anda akan bisa menjawab pertanyaan pelanggan dengan baik.

Takut Berbicara
Anda takut berbicara di depan pelanggan, misalnya karena gugup. Ini wajar jika Anda baru terjun dalam dunia Sales. Solusinya, anggap saja bahwa Anda sedang bercerita kepada orang lain mengenai barang/jasa Anda. Siapkan struktur pembicaraan Anda terlebih dulu, dan jangan lupa berlatih! Anda bisa berlatih presentasi, misalnya dengan teman-teman Anda, sehingga sebelum terjun langsung, Anda bisa melakukan evaluasi diri.

Zig Ziglar mengungkapkan, bahwa ketika Anda mengalami ketakutan, pelajari ketakutan tersebut. Misalnya takut berbicara, ia menyarankan supaya Anda bertanya kepada diri sendiri: “mengapa saya takut berbicara? Apakah karena takut ditolak? Lalu mengapa saya berpikir bahwa saya akan ditolak? Apakah saya percaya dengan apa yang saya katakan?” , dan sebagainya. Jawab pertanyaan-pertanya an yang timbul tersebut, maka ketakutan Anda sedikit demi sedikit akan pudar.

Seiring dengan perjalanan waktu dan semakin banyak pengalaman, ketakutan tersebut akan bisa Anda atasi dengan baik. Skill dan attitude Anda juga bakal semakin berkembang, sehingga tidak ada lagi yang perlu Anda takutkan.

Sumber : http://www.vibiznews. com

Categories: Belajar Bisnis Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: