Home > Belajar Bisnis > Cerita bisnis

Cerita bisnis

1. Kisah tukang kupat sayur : Saya beberpa kali ngobrol dengan beberapa tukang kupat sayur, sebagian besar, relatif sukses. Dagang setiap harinya bisa omset 100 – 200 ribu. dengan untung antara 50 – 100 ribu perharinya, berarti pendapatannya bisa 1,5 – 3 jt perbulan. Tetapi nasibnya tidak berubah,..malah banyak yang makin miskin,..kenapa ?

2. Kisah tukang gorengan : Hampir sama dengan tukang kupat sayur

3. Kisah petani lele : kisahnya ada berbagai macam,..saya ambil yang ekstrim aja, yang sukses : yang mula mula hanya punya sebidang sawah,…setelah 15 tahun,….punya beberpa hektar dan saat ini bisa menghasilkan 3-5 ton perhari . bisa bayangkan. Bahkan hanya seseorang yang tidak berpendidikan tinggi.
kisah yang jelek, : nanem lele,..kadang kadang berhasil kdang kadang gagal,…akibatnya dapet uang yaa…hanay untuk hidup pas,….tragisnya, ….sepanjang hidupnya hanya seperti itu.

4. Kisah yang punya kios di mal mal. Di ITC BSD ada sbuah kios kebetulan saya kenal orangnya,… jualan suatu product, kiosnya sudah milik sendiri,..setelah 3 tahun,…tutup, …kenapa, ….tidak untung,..hanya megap megap aja. Kebetulan orang ini cukup kaya. Karena gagal dagang,..dia pindah ke hongkong.

5. Kisah dagang di Pondok Indah Mal 2 :. Salya pernah ngobrol dengan salah satu pemilik usaha disitu, saya tanya berapa listriknya sebulan,..20 jt, belum telpon,..belum karyawan. Dagang rame hanya kalau mau lebaran dan hari natal/tahun baru. berapa omsetnya ?. dia jawab,..duat tahun terkahir ini dapet 6 milyar. Punya berapa outlet di jakarata ?. ada 8 outlet. Apakah ada hari hari sepi,…banyak sekali katanya.
Apakah megap megap apa nggak, nyewa di PIM 2 ?. yaa…megap megap juga.
Apa kuncinya sukses ?. dia jawab  :,..punya modal dan Link.

6. dan masih banyak lagi yang saya dengar secara langsung penuturan mereka mereka yang dagang.

ada beberapa hal yang dapat saya simpulkan dari cerita yang pernah saya terima :

0. Mau bisnis ? : harus punya modal dan Link

1. sebagian dari mereka tidak punya tujuan jelas dalam berbisnis, khususnya pedagang kecil……mau untuk hidup atau untuk hidup dan makin kaya . Biasanya orang yang tidak punya tujuan jelas akan makin terperosok.

2. perlu komitmen yang tinggi untuk berbisnis, mampu mengelola secara profesional

3. Harus mampu menjaga link,

4. Hrus mampu menjaga link dengan customer yang ada dan memperluasnya melalu costumer yang sudah setia.

5. Harus mampu menciptakan ide baru dan mampu mengkomunikasikanny a, hal ini khusus kalau mau bergerak bersaing di dunia global

Categories: Belajar Bisnis Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: