Home > Belajar Bisnis > Tips Meningkatkan Potensi Sales Anda

Tips Meningkatkan Potensi Sales Anda

Anda seorang salesperson yang mengalami kesulitan dalam memperoleh referral serta memperluas networking? Berikut ini
adalah beberapa tips supaya Anda bisa meningkatkan jumlah prospek sehingga mendongkrak potensi penjualan Anda.

Referral dan Networking

Referral bisa berasal dari dua sumber, yakni orang yang kini menjadi pelanggan Anda, maupun mereka yang kini bukan pelanggan. Untuk memperoleh referral dari pelanggan Anda, tentunya menjadi lebih mudah, karena Anda sudah pernah melayani mereka terlebih dulu. Jika Anda melayani mereka dengan baik, tentunya mereka bakal dengan senang hati untuk memberikan nama-nama referral kepada Anda.

Namun, selain memperoleh referral dari pelanggan, sesungguhnya Anda juga bisa memperoleh referral melalui networking. Networking bisa Anda perluas dengan mendatangi event-event yang memungkinkan Anda mengenal banyak orang. Berusahalah untuk bertemu dengan orang yang penting, dan jalin hubungan baik dengan mereka. Mereka bisa memberikan referral kepada Anda seandainya Anda mengambil pendekatan yang tepat dengan mereka.

Anda juga bisa memperluas networking dengan masuk langsung ke komunitas. Misalnya aktif di milis, dan forum yang terkait dengan produk maupun layanan Anda. Milis dan forum biasanya akan berlanjut dengan kegiatan offline, melalui itulah Anda bisa memperluas networking dan memperoleh referral.

Build Relationship with Customer

Di paragraf atas telah disebutkan bahwa salah satu cara untuk meningkatkan referral adalah berasal dari pelanggan. Oleh karena itu, Anda harus menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Anda juga harus menyadari bahwa pelanggan mempunyai tipe yang berbeda-beda, sehingga cara menanganinya berbeda pula.

Dan yang perlu diingat, Anda harus tetap berfokus kepada kepuasan pelanggan. Karena kepuasan pelanggan akan memudahkan Anda untuk memperoleh referral nantinya.

Kesimpulannya, membangun referral dan networking tidak terlepas dari skill dalam menjalin hubungan dengan baik. Sehingga dibutuhkan skill interpersonal dan attitude yang baik dalam diri seorang salesperson. Tanpa keduanya, maka sulit untuk mengharapkan pelanggan yang setia, apalagi mau memberikan referralnya. (RP)

Categories: Belajar Bisnis Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: