Home > Belajar Bisnis > Tips Menempuh Strategi Testimonial Pelanggan

Tips Menempuh Strategi Testimonial Pelanggan

Word of Mouth memang merupakan perangkat pemasaran yang memiliki pengaruh kuat. Salah satu bentuknya adalah dengan menggunakan testimonial dari pelanggan. Seberapa besar pengaruh WOM ini? Dan bagaimana tips-tips yang tepat dalam menempuh strategi testimonial?

Hasil Survei

Menurut hasil survey dari lembaga riset Nielsen pada April 2007 lalu, jenis iklan yang paling dipercaya oleh para pengguna internet adalah berdasarkan rekomendasi konsumen lain (78%). Selain itu, opini konsumen yang dimuat secara online juga memperoleh persentase yang cukup besar (61%).

Hasil yang senada juga ditemukan oleh GFK Roper Consulting, yang menemukan bahwa sumber paling bisa dipercaya untuk ide dan informasi mengenai pembelian berasal dari Word of Mouth. Jika secara keseluruhan di penjuru dunia persentasenya mencapai 70%, maka di Amerika Serikat mencapai 81%.

Bahkan, hasil survey dari DoubleClick menunjukkan bahwa 9 dari 10 responden di AS menyatakan bahwa rekomendasi dari teman merupakan pengaruh yang paling penting dalam penentuan pembelian barang ataupun jasa. Bahkan, pengaruhnya jauh dibandingkan dengan iklan di media.

Tips Testimonial

•Target pasar
Testimonial tentunya akan sangat kuat jika dilakukan oleh target pasar. Target pasar tentunya ingin mengetahui apakah produk/jasa tertentu memang bermanfaat bagi mereka. Misalnya, iklan pembalut wanita, yang menyuguhkan testimonial dari wanita yang aktif.

•Audio-Visual
Manfaatkan kekuatan audio-visual dalam strategi testimonial Anda. Misalnya jika memuat testimonial untuk restoran, yang kini marak beredar di media baik cetak, televisi maupun internet, maka sertakan foto maupun video, sehingga testimonial tersebut menjadi lebih kuat. Bayangkan jika rekomendasi makanan yang hanya berupa teks saja dibandingkan dengan rekomendasi makanan disertai gambar, mana yang lebih kuat? Tentu saja rekomendasi dengan gambar.

•Spesifik
Spesifiklah dalam menjelaskan manfaat maupun hasil positif yang diperoleh dari barang/jasa Anda. ungkapkan fitur-fitur yang menjadi keunggulan. Misalnya, jika yang menjadi penekanan adalah low-cost, maka tonjolkan bahwa produk Anda murah dibandingkan dengan lainnya.

•Sistem
Ciptakan sistem yang memungkinkan testimonial yang Anda peroleh semakin banyak. Misalnya, Anda bisa menciptakan sistem yang otomatis mengirimkan email beberapa hari setelah pelanggan memesan barang/jasa, yang menanyakan komentar pelanggan mengenai barang/jasa Anda.

Categories: Belajar Bisnis Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: