Home > Pendidikan > National Debating Competition, Scrabble Competition dan Speech Contest 2009

National Debating Competition, Scrabble Competition dan Speech Contest 2009

Polinela National English Debate Contest (PNEDC) 2009 adalah serangkaian acara kegiatan Polinela English Proficiency Award 2009 yang bertemakan “Increasing The Youth Competitive Values with English to Face Global Competition” dalam rangka Dies Natalis Politeknik Negeri Lampung ke- 25.

EPA 2009 terdiri atas 3 lomba, yaitu National Debating Competition, Scrabble Competition dan Speech Contest. Acara ini diikuti oleh berbagai kalangan yang tersegmentasi atas: Debating Contest untuk mahasiswa Perguruan Tinggi se-Indonesia , Scrabble Competition untuk siswa SMA dan sederajat, mahasiswa dan umum di kota Bandar Lampung, dan Speech Contest untuk siswa SMA dan sederajat. EPA 2009 diselenggarakan oleh UKM English Club Politeknik Negeri Lampung, yaitu Unit Kegiatan Mahasiswa yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa Polinela khususnya dan  generasi muda pada umumnya.

TUJUAN

1.Memberikan kesempatan bagi para mahasiswa perguruan tinggi se-Indonesia dan siswa SMA dan SMK di Propinsi Lampung untuk menyalurkan minat, bakat, dan kreativitas dalam menerapkan dan mengembangkan keterampilan berbahasa Inggris.

2.Membudayakan semangat bersaing yang sportif dalam menerapkan dan mengembangkan keterampilan berbahasa Inggris di kalangan para mahasiswa perguruan tinggi se-Indonesia.

3.Membina para mahasiswa perguruan tinggi se-Indonesia yang berpotensi dalam penerapan dan pengembangan keterampilan berbahasa Inggris yang berguna bagi pembangunan di bangsa Indonesia;

4.Mempererat tali persaudaraan dan menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan antar mahasiswa perguruan tinggi se-Indonesia.

TATA CARA PERLOMBAAN

1. Sistem Perlombaan
Perlombaan PNEDC ini menggunakan Australian Parlementary System (APS), pada sistim ini perlombaan dilakukan antar 2 (dua) tim yang beranggotakan 3 (tiga) orang peserta. 2 (dua) tim ini terdiri dari ”affirmative team” (the government team) dan “negative team”(the opponent team). Pembicara I, II, III baik dari tim positif ataupun tim negatif mendapatkan kesempatan mengemukakan pendapatnya masing – masing 7 menit. Pembicara dari sisi affirmative harus mempertahankan pendapat bahwa mereka mendukung subtansi topik yang sudah ditentukan. Tim Opponent harus memberi sanggahan terhadap pendapat yang dikemukakan oleh Tim Affirmative. Debat diakhiri dengan penyampaian rangkuman terhadap pendapat yang sudah disampaikan oleh timnya maupun tim lawan, dengan waktu 5 menit oleh pembicara penutup (Replay Speaker). Dan tidak ada POI.

2. Juri
Juri didalam debat dengan menggunakan APS disebut Adjudicator. Tim Adjudicator teridiri dari 3 (tiga) orang masing – masing adjudicator harus memberikan penilaian terhadap penampilan pembicara dari setiap tim yang berlomba. Diakhir debat ketiga adjudicator memberikan rangkuman dan diumumkan kepada peserta. Adjudicator terdiri dari para pendamping peserta debat dari masing – masing Politeknik yang telah mempunyai pengalaman menjadi juri dengan sistim ini atau mereka yang ditunjuk oleh panitia berdasarkan kapabilitas mereka. Untuk menyamakan persepsi para adjudicator, maka diadakan pelatihan/penyegara n sebelum pelaksanaan lomba diselenggarakan.

3. Pemenang
Pemenang debat dengan sistim APS meliputi Juara I (The Champion), Juara II (Runner Up), dan Juara III ( Second Runner-Up) adalah tim – tim yang tidak masuk pada Grand Final dari tim – tim 4 besar yang kalah, sehingga ada dua Juara III dengan pertimbangan memberikan penghargaan yang seimbang pada tim yang tidak masuk dalam Grand Final. Disamping itu diberikan juga penghargaan kepada Pembicara Terbaik (the Best Speaker) diakhir lomba. Di tiap sesi juga dipilih the best speaker. Penghargaan sebagai the best speaker diakhir kegiatan lomba ini berdasarkan pada banyanknya seorang anggota tim menjadi the best speaker di setiap sesi.

4. Materi Lomba
Materi lomba seputar masalah Ekonomi, Sosial, Politik, Budaya, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Lingkungan dan Pendidikan yang sedang berkembang di Indonesia.

5. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
* Waktu pelaksanaan      : 2- 4 April 2009
* Technical Meeting         : Kamis, 2 April 2009
* Tempat pelaksanaan     : KAMPUS POLITEKNIK NEGERI LAMPUNG
Jl. Soekarno-Hatta No.10 Bandar Lampung
Telp. 0721-703995 Fax. 0721- 787309
email: ec.polinela@ ymail.com

* Sekretariat EPA 2009: Jurusan Ekonomi dan Bisnis Polinela
Jl. Soekarno Hatta No. 10 Bandar Lampung
Telp. 0721-703995
* Contact Persons:

* Nia Kurniawati (08127210768)
* Refdi Akmal (085269040396)
* Oktafina (085269879710)

Categories: Pendidikan Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: