Home > Belajar Bisnis > Positioning Skill in Selling

Positioning Skill in Selling

Penting bagi seorang salesperson untuk memiliki skill dalam memasarkan barang dengan baik. Salah satu skill yang terpenting adalah positioning skill, yang merupakan skill yang akan menjadikan produk dan layanan Anda unggul di benak konsumen.

Positioning skill merupakan skill bagaimana Anda selaku salesperson bisa memposisikan suatu brand dengan value proposition brand tersebut ke dalam benak konsumen. Kunci salesperson dalam melakukan positioning dengan baik adalah dengan melakukan diferensiasi atau menonjolkan keunikan yang dimiliki oleh brand tersebut. Tanpa ada keunikan tersendiri, maka positioning yang dilakukan tidak akan kuat.

Positioning tidak akan lengkap sebelum Anda menyampaikan keunggulan dari produk/layanan Anda dibandingkan dengan pesaing. Karena dalam proses selling, ketika Anda mencoba menjual produk, maka tentu dalam pikiran pelanggan sudah langsung membandingkan produk/layanan Anda head-to-head dengan pesaing, yang mungkin saja saat itu mereka gunakan.

Untuk melakukannya, maka Anda sudah terlebih dulu mengetahui fitur dan manfaat apa yang menjadi keunggulan produk/layanan Anda dibandingkan pelanggan. Terlebih dahulu Anda harus membuat daftar mengenai apa saja kelebihan dan kelemahan yang dimiliki oleh pesaing. Kemudian, Anda bisa membuat suatu pesan positioning yang kuat dengan menunjukkan bahwa dari keunggulan-keunggul an yang dimiliki, maka produk/layanan Anda masih merupakan yang terbaik dibandingkan dengan pesaing. Buat suatu value proposition yang padat dan sederhana, mudah diingat, dan menunjukkan bahwa produk Anda yang terbaik diantara pesaing.

Faktor yang perlu diingat adalah dalam melakukan positioning, Anda perlu untuk mengetahui fitur/value apa yang paling penting bagi pelanggan. Jika Anda memberikan fitur dengan value terbaik dibandingkan dengan pesaing lain, maka peluang Anda akan semakin besar. Dan yang lebih penting, tunjukkan bagaimana keunggulan produk Anda dapat menjawab kebutuhan dan masalah pelanggan. Intinya, posisikan produk/layanan Anda sebagai produk dengan value terbaik yang bisa menjawab kebutuhan pelanggan.

Categories: Belajar Bisnis Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: