Home > Info IT > Depkominfo Resmikan M-Life Festival

Depkominfo Resmikan M-Life Festival

Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan, Masyarakat Ekonomi Syariah mengadakan M-Life (Muslim-Lifestyle) Festival di Grand Indonesia East Mall Jakarta, 1-6 September 2009.

Saat meresmikan acara, Menteri Komunikasi dan Informasi, M. Nuh mengatakan, gaya hidup muslim harus dikombinasikan dengan digital life style, agar dapat memicu daya saing di era kemajuan teknologi. Begitupun dalam menggerakan ekonomi syariah, peran teknologi mutlak digunakan.

Karenanya, Masyarakat Ekonomi Syariah menempatkan industri konten sebagai salah satu potensi yang dapat menjadi driver pertumbuhan ekonomi yang signifikan jika diarahkan secara efektif dan didukung oleh lingkungan yang kondusif.

Untuk menentukan arah strategis perkembangan industri konten di Indonesia, dalam acara ini telah disepakati 3 nota kesepahaman (MoU). Pertama, MoU antara Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) dan Motekar, perusahaan pengembang aplikasi, sistem, dan layanan konten berbasis mobile. Kemudian MoU kedua ditandatangani oleh Depkominfo, Motekar dan Telkomsel dan yang ketiga MoU antara Depkominfo, Motekar, Telkom dan LKBN Antara.

Ketiga MoU yang dimaksudkan untuk mempercepat pencapaian masyarakat informasi tersebut akan diwujudkan melalui penyebaran informasi berita, dan juga sebagai pelaksanaan Publik Service Obligation, terutama ke masyarakat kelas menengah kebawah.

Pihak-pihak penandatangan MoU diharapkan dapat menjadi pionir dalam menciptakan succes story pengembangan layanan konten yang cakupannya luas, ekonomis dan fleksibel untuk dikebangkan, diantaranya berupa Warung Masyarakat Informasi Indonesia yang dapat diakses melalui perangkat mobile, Motekar Qur’an yaitu ayat suci berformat digital, serta Mobi-Mibo, aplikasi untuk personal content manager serta navigasi konten multi channel berbasis teks dan ikon grafik.

Acara yang dipandu oleh mantan anggota DPR, Marissa Haque ini dihadiri antara lain oleh Ashwin Sasongko (Dirjen Aplikasi Telematika), Cahyana Ahmadjayadi (Kepala Balitbang SDM Depkominfo), Sarwoto Atmosutarno (Dirut Telkomsel), Ahmad Mukhlis Yusuf (Direktur LKBN Antara), Arry Akhmad Arman (CEO Motekar) dan Soegiharto Santoso (Pimpinan Umum BISKOM).

Categories: Info IT Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: