Home > Info IT, Pendidikan > Online Try Out Pertama di Indonesia – Kerja sama Telkom dan Diknas

Online Try Out Pertama di Indonesia – Kerja sama Telkom dan Diknas

http://tryout.telkomspeedy.com

Telkom bekerjasama dengan Departemen Pendidikan Nasional (Diknas) dan Harian Republika menggelar kegiatan Try Out Online Ujian Nasional (UN) 2010 di Jawa Barat, Jakarta dan Sumatera.

Kegiatan ini merupakan upaya Telkom untuk mengoptimalkan teknologi informasi, khususnya sistem online yang dimiliki Telkom. “Inilah program try out online yang pertama dilakukan di Indonesia dengan menggunakan sistem online, sekaligus bukti Telkom ikut berperan dalam kemajuan pendidikan,” kata GM Kandatel Medan, Harry Suranto, kepada wartawan, kemarin (9/3).

Dia bilang, try out online ini diadakan untuk mempersiapkan siswa SMA kelas 3 IPA/IPS untuk menghadapi Ujian Nasional (UN). Seperti telah dijadwalkan, UN akan dilaksanakan 22 hingga 26 Maret 2010. Karenanya kegiatan ini merupakan dukungan terhadap pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan mencapai tingkat kelulusan UN yang lebih tinggi.

Dengan cara online, maka peserta try out dapat melakukannya dari mana pun. Cuma pada finalnya, peserta try out akan kumpul di satu tempat. “Untuk itu, kami mengajak adik-adik pelajar kelas 3 IPA/IPS untuk berpartisipasi dan menggunakan layanan try out online ini,” imbau Harry Suranto.

Rencananya try out online ini akan diresmikan oleh Wakil Menteri Pendidikan Nasional, Fasli Djalal dan Managemen Telkom di Gedung Telkom Gatot Subroto pada Jumat (12/3). Pada kesempatan pertama ini, 75 siswa SMA akan mengikuti try out online tapi offair.  Try out akan dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama berlangsung pukul 09.00-12.00 WIB dengan mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Sedangkan sesi kedua pukul 13.00-15.00 WIB dengan pelajaran Biologi, Fisika dan Kimia (jurusan IPA) dan Ekonomi, Sosiologi dan Geografi (jurusan IPS). Sedangkan try out online akan dilaksanakan tanggal 15–20 Maret 2010 di mana setiap harinya dengan satu mata pelajaran. Setiap proses kegiatan try out ini, peserta diberi waktu selama 140 menit sejak mulai login.

Harry Suranto, menjelaskan, setiap pelajar dibenarkan mengikuti try out ini selama di lokasi itu dapat dijangkau layanan TelkomNet Instan (TENI), Speedy, FlexiNet dan Flash. Peserta dapat mengakses alamat website http://tryout.telkomspeedy.com.

Sebelum peserta try out mendapatkan soal UN mereka diwajibkan mendaftarkan diri lebih dulu saat masuk ke website tersebut. User (peserta) hanya boleh login satu kali untuk satu mata pelajaran. Nilai try out akan keluar setelah user mengerjakan seluruh soal per mata pelajaran. Bahkan ada pula pembahasan soal dan grafi appraisal user akan tampil pada waktu yang telah ditentukan (setelah try out berakhir).  Malahan, akan ada pemenang yang diukur berdasarkan kebenaran menjawab dan kecepatan menjawab. Dari hasil test tersebut akan dipilih tiga nilai terbaik dan akan mendapatkan hadiah berupa beasiswa dan laptop.

Harry Suranto berharap, dengan try out online ini masyarakat semakin pintar untuk melihat prestasi dengan mudah dan murah. ”Kita harapkan teknologi informasi makin populer dan akan semakin efisien,” jelas Harry.

Source: http://www.harian-global.com

Categories: Info IT, Pendidikan Tags: ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: