Archive

Archive for the ‘SEO’ Category

Mengaktifkan fungsi SEO di Joomla

Optimisasi mesin pencari (Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Login ke menu administrasi joomla (http://namadomain/administrator), setelah itu ke menu site > global configuration.
  2. Aktifkan (pilih yes) Search Engine Friendly URLs, Use Apache mod_rewrite, dan Add suffix to URLs yang ada di opsi SEO Settings. Jika sudah, jangan lupa klik save.
  3. Login ke control panel (Spanel/Cpanel), lalu masuk ke direktori root.
    Untuk Spanel ada di direktori sites > namadomain > www atau pilih menu domain > kelola subdomain > namadomain > kelola file.
    Sedangkan Cpanel bisa ke menu file manager > public_html.Jika sudah berada di direktori root, cari file dengan nama htaccess.txt, rubah nama file tersebut menjadi .htaccess.Setelah itu, edit isi file .htaccess tersebut, cari baris ini.
  4. Options +FollowSymLinks dirubah menjadi #Options +FollowSymLinks.
  5. # RewriteBase / dirubah menjadi RewriteBase /

Jika sudah, save file tersebut dan sekarang SEO di website joomla Anda sudah aktif. Ok Semoga bermanfaat. 🙂

Advertisements
Categories: Info IT, SEO Tags: ,

Back Link

April 15, 2008 1 comment

Back Link adalah salah satu cara SEO (Search Engine Optimization) untuk situs kita. Dan ini sangat penting buat Off Page Optimization, kabarnya bisa menaikan ranking kita di mata search engine. Kalau anda mendapat back link dari website yg memiliki PR (page rank) tinggi tentu sangat menguntungkan bagi website anda. Masalahanya … susah sekali kita mencari back link ini!

Bagaimana kalau kita dapat back link dari situs yg memiliki PR rendah ? selama itu back link, bukan link exchange tetep aja bagus. Semakin banyak back link situs anda, dimata search engine berarti situs anda mempunyai nilai “+” … bisa C+, B+, A+ ) bisa juga Z+ ha..ha..ha..

Blog saya ini tidak terlalu SEO (karena saya emang g terlalu mikir SEO buat blog ini) nah, dari pada tidak di manfaat kan sama sekali ) mending saya buat back link aja!

Bagi yg pingin koleksi back link silahkan titipkan disini (buat koleksi lho) untuk personal blog saya pasang di “Link Temen2ku” ! Tidak harus link exchange kok he..he.. kalau mau ada yg link exchange ya syukurr.. gak ada, ya gak majalah )

Caranya ? tinggalkan aja link anda disini )

Categories: SEO Tags:

Tips Submit ke Directory

Directory merupakan suatu situs yang berisi “kumpulan” link yang dikelompokkan dalam berbagai kategori. Mendaftarkan situs kita ke directory merupakan salah satu cara untuk menaikkan PageRank. Di internet ada ribuan directory yang siap “menerima” situs kita. Untuk mendaftarkan ke banyak directory satu per satu tentunya butuh kesabaran ekstra. Dua program atau layanan di bawah ini dapat memudahkan kita untuk melakukan submit situs kita ke directory.

digiXMAS Submitter

digiXMAS Submitter merupakan aplikasi berbasis desktop. Untuk dapat menggunakan program ini kita harus registrasi dulu di sini Setelah itu silakan download programnya di sini. Setelah selesai mendownload dan menginstall, kita bisa login dengan username dan password yang kita dapatkan waktu registrasi.

langkah berikutnya tinggal mengisi data-data situs yang akan kita daftarkan yg meliputi URL, Title, Description, Your Name dan email.
Sayangnya untuk versi gratis kita hanya dapat mendaftarkan situs kita ke 150 directory, itu pun PR 0. Tapi masih lumayan lah daripada tidak sama sekali D

www.DirZap.com

Kita dapat mendaftarkan situs kita ke directory melalui layanan yang dibuat oleh DirZap.com. Directory yang ada di daftarnya DirZap cukup banyak. Pada saat proses submit, maka akan dimulai dari PR 3.

Sumber: http://lutfigoblog.com/2007/04/19/tips-submit-ke-directory.html

Categories: SEO Tags: